Sertifikasi Tahap I Jenjang SD Sudah Dikucurkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Sertifikasi Tahap I Jenjang SD Sudah Dikucurkan

Amran. (Nirwan/BKK)

Amran. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Sertifikasi tahap pertama untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) sudah dikucurkan. Akan tetapi pencairan sertifikasi tahap pertama untuk jenjang SD sebelum keseluruhan yakni sekitar 786 guru yang sudah mendapatkan sertifikasi tahap pertama tersebut dari total 900 lebih guru, sisanya nanti menyusul.
Ketua Pengelola Sertifikasi dan Tunjangan Guru se-Kota Kendari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari, Amran mengatakan total anggaran yang dikeluarkan untuk mencairkan sertifikasi tahap pertama sebesar Rp 8 miliar dari 786 guru yang sudah terima sertifikasi tahap pertama tersebut.
“Sebelum kita bicara proses pencairan ada mekanisme atupun proses-proses lain sebelum itu yang sesuai dengan alur yang kita proses pada tahun ini, setelah SK terbit dalam hal ini surat keputusan (SK) tunjangan profesi yang berasal dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” ungkap Amran Selasa (7/6).
Selanjutnya, ucap Amran, pihaknya membuat daftar acuan yang kemudian diserahkan kesekolah untuk diferivikasi, setelah itu pihak sekolah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan kemudian dinformasikan kepada pihaknya untuk melakukan tes kembali. Terutama yang berkaitan dengan masa kerja dan gaji pokok mereka, sebab dirinya tidak menghendaki gaji yang diterima tidak sesuai dengan tunjangan yang mereka peroleh.
“Sebab, sesuai dengan aturan bahwa tunjangan profesi itu diberikan sebesar satu kali gaji pokok,” paparnya.
Proses itu, lanjut Amran, selanjutnya sesuai dengan informasi awal pihaknya memang sudah terima sejak April 2016, tetapi karena masih ada proses yang berjalan terus sehingga pihaknya menunggu petunjuk teknis (Juknis). Namun ternyata juknis tersebut akan keluar pada tanggal 11 Juni.
“Namun proses ferivikasi terus berjalan dan untuk tahap pertama pencairan sertifikas guru untuk jenjang SD di Kota Kendari sudah dikucurkan. Akan tetapi sertifikasi guru SD yang sudah dikucurkan belum secara keseluruhan sekitar kurang lebih 786 guru yang sudah terima sertifikasi tahap pertama ini.
Yang lainnya, ucap Amran, sekitar 200 lebih akan menyusul karena SK mereka memang baru datang belakangan, disamping itu ada dokumen-dokumen kelengkapan yang belum sesuai sehingga pihaknya melakukan pending bagi guru yang belum menyelesaikan dokumen kelengkapannya.
“Namun kami mengajukan dokumen guru yang memang sudah lengkap dan sesuai untuk dicairkan sertifikasinya ditahap pertama ini,” tuturnya. (m3/c/jie)

Click to comment
To Top