Lingkar Sultra

Pemkab Konut Enggan Bongkar Sawa Beach Resort

WANGGUDU, BKK – Sawa Beach Resort, usaha yang menyediakan hotel dan rumah makan hingga kini belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Meski demikian, pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) rupanya enggan membongkar bangunan ilegal yang berdiri kokoh di Desa Matanggonawe Kecamatan Sawa tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan dan Tata Kota Konut, Abu Bakir mengaku, pihaknya hingga kini belum mengeluarkan rekomendasi ke Badan Perizinan untuk penerbitan IMB tersebut. Namun, kata dia, pengurusan IMB Sawa Beach Resort kini dalam proses pengkajian oleh Dinas Kebersihan dan Tata Kota.

“Tidak mungkin kita mau suruh bongkar. Memang betul waktu membangun belum punya izin. Setelah jadi seratus persen baru datang mengurus izinnya. Hanya nanti kalau kita terbitkan rekomendasi, harus ada pernyataan bersedia untuk membongkar, kalau suatu saat ruang itu dibutuhkan oleh pemerintah,” kata Abu Bakir kepada Berita Kota Kendari, Selasa (7/6).

Mantan Camat Molawe ini mengatakan bukan hanya lalai dalam perizinan, pembangunan Sawa Beach Resort rupanya melewati garis sempadan. Pasalnya, pagar resort yang dibangun secara permanen nampak rapat dengan as jalan trans Sulawesi.

Seharusnya, pagar bangunan itu mundur beberapa meter dari as jalan. “Teknisi dari kami sudah pernah turun. Yang kita lihat sempadan jalan. Itu sudah menyalahi aturan. Ketentuan umumnya itu, setengah badan jalan ditambah satu baru bisa membangun. Diukur dari as jalan. Misalnya kalau jalan 10 meter lebar jalan, maka nanti 6 meter dari as jalan baru bisa membangun,” jelasnya.

Meski terbukti melanggar, namun pemerintah setempat enggan memberikan tindakan tegas kepada pemilik usaha. Bulan lalu, Komisi A DPRD setempat pernah mengeluarkan rekomendasi penghentian usaha ini karena beroperasi secara ilegal. Bahkan salah satu legislator dari Daerah Pemilihan IV, Motui, Sawa dan Lembo, Taslim Sauala keras mengatakan agar bangungan tanpa izin tersebut dibongkar.

Sayangnya, rekomendasi tersebut tidak ditindak lanjuti oleh Pemkab Konut. Sawa Beach Resort hingga kini masih bebas melaksakan bisnis rumah makan dan perhotelannya. Dari pantauan wartawan, aktivitas
pembangunan dalam resort pun masih berjalan. (k7/c/jie)

To Top