Mudin Musa Dipecat, Jalan Lebar Mertua Ridwan Bae Menuju Dewan – Berita Kota Kendari
Suksesi

Mudin Musa Dipecat, Jalan Lebar Mertua Ridwan Bae Menuju Dewan

IMG_3905KENDARI, BKK – Pemecatan Mudin Musa sebagai kader Gokar, menjadi jalan lebar bagi Andi Sakra yang tidak lain mertua dari Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra) Ridwan Bae.

Dari informasi yang dihimpun, Andi Sakra adalah orang tua dari Arimbi, istri baru Ridwan Bae.

Mundurnya Surunuddin Dangga dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, sebenarnya menjadi peluang bagi Subhan Tambera untuk masuk pada pengganti antarwaktu (PAW). Hanya saja, Subhan meninggal dunia.

Di belakang Subhan, yang memperoleh suara terbanyak di Daerah Pemilihan (Dapil) Bombana-Konawe Selatan (Konsel) adalah Mudin Musa. Namun, Mudin keburu dipecat oleh Golkar, karena dianggap melawan partai beringin.

Akhirnya, pemecatan Mudin, menjadi peluang emas bagi Andi Sakra.

Sekretaris DPD Golkar Sultra Muhammad Basri mengaku, pemecatan Mudin Musa tidak ada hubungannya dengan melenggangkan Andi Sakra yang juga mertua Ridwan.

“Tidak ada hubungannya dengan rencana PAW,” bantah Basri.

Menurut dia, pemecatan Mudin sudah melalui ketentuan partai. Yang bersangkutan, sebut Basri, dianggap telah membangkang dan melawan partai dengan membubuhkan tanda tangan mosi tidak percaya terhadap kepengurusan Ridwan di Golkar Sultra, sewaktu konflik dulu.

“Seandainya, tidak dipecat, maka Mudin Musa yang PAW. Tapi, karena dia melanggar, maka dipecat. Keputusan itu, melalui pleno. Untuk apa kita mau usulkan dia, sementara sudah tidak mempercayai lagi Golkar kepengurusan Ridwan,” alasnya.

Saat ini, proses PAW Surunuddin sudah masuk di Sekretariat DPRD Sultra.

“Mungkin, sudah sampai di KPU. Setelah itu, dikembalikan lagi ke dewan dan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri,” paparnya.

Nasib yang sama ikut dialami oleh Tahir Kimi. Saat ini, Rizal telah dipecat dari keanggotan Golkar. Akibatnya, anggota DPRD Kota Kendari ini terancam di-PAW. Menilik perolehan suara, setelah Rizal adalah Tahir Kimi.

Namun, “bola muntah” itu tidak berpihak ke Tahir. Ridwan mengusulkan keduanya untuk sama-sama dipecat. Lantas, siapa pengganti Rizal?

Basri menyebut, pengganti Rizal nanti adalah Irwan S Herman yang perolehan suaranya di bawah Rizal dan Tahir Kimi.

“Yang proses mereka ini adalah DPD Golkar Kota Kendari,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bagian Humas, Protokoler dan Persidangan DPRD Sultra Robert Piter Raru mengaku, sudah memproses usulan PAW Surunuddin Dangga. Memang, kata Robert, nama Subhan telah diproses.

“Tapi karena meninggal dunia, maka yang gantikan adalah Andi Sakra. Karena Mudin Musa telah dipecat dari Golkar yang harusnya sebagai pengganti,” paparnya. (pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top