Kejati Tak Kunjung Rampungkan Berkas Aswad Sulaiman – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kejati Tak Kunjung Rampungkan Berkas Aswad Sulaiman

ASWAD.KENDARI, BKK – Sudah hampir empat bulan, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) tak kunjung merampungkan berkas perkara mantan Bupati Konawe Utara (Konut) Aswad Sulaiman.
Aswad Sulaiman ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor Bupati Konut Tahap II dan III sejak 17 Februari 2016. Dengan demikian, berkas perkara Aswad sudah cukup lama mengendap di meja jaksa.
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra Sugeng Djoko Susilo SH MH, melalui Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sultra Raymel Jesaja SH mengatakan, hingga kini berkas Aswad masih dipelajari penyidik dan masuk dalam tahap perampungan.
“Masih tahap perampungan berkas. Tinggal menunggu berkasnya rampung, kalau sudah dilengkapi, kita akan serahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) untuk dipelajari, dan kalau ada kekurangan nanti dikembalikan lagi ke penyidik,” jelas Raymel, Selasa (7/6).
Ditambahkan, hingga kini Aswad belum dilakukan penahanan meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka dikarenakan Aswad masih koperatif dalam memberikan keterangan.
“Kami belum melakukan penahanan kepada yang bersangkutan (Aswad Sulaiman red), karena masih koperatif Aswad dan telah mengembalikan kerugian negara. Aswad memiliki jaminan dari keluarganya, yang pasti dia sudah tersangka dan wajib lapor setiap sepekan sekali,” ujar Raymel.
Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Penyidikan Kejati Sultra, Rizal SH menjelaskan, berkas pemeriksaan Aswad Sulaiman masih dalam penelitian jaksa penyidik. Kemudian akan dilimpahkan ke tahap penuntutan.
“Untuk saat ini berkasnya masih diteliti, jika dinyatakan lengkap maka kami akan limpahkan ke tahap penuntutan untuk diperiksa, dan jika dinyatakan lengkap maka kami akan segera limpahkan ke tahap II,” jelasnya. (p5/c/kas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top