Ingat! Anak Anda, Masuk SD Minimal Berusia 5,6 Tahun – Berita Kota Kendari
Beranda

Ingat! Anak Anda, Masuk SD Minimal Berusia 5,6 Tahun

Makmur SPd MPd. (Nirwan/BKK)

Makmur SPd MPd. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pihak sekolah yang ada di Kota Kendari khususnya jenjang Sekolah Dasar (SD) diwarning untuk tidak menerima peserta didik yang masih berusia dibawah 5,6 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari, Makmur SPd MPd, mengatakan, usia peserta didik yang masuk SD minimal pada bulan Juli 2016 harus berusia 5,6 tahun. Kurang dari itu sekolah tidak bisa terima.
“Kami harapkan kepada pihak sekolah untuk tidak menerima peserta didik baru yang baru yang masih berusia dibawah 5,6 tahun,” ungkap Makmur kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK), Selasa (7/6).
Meskipun peserta didik yang bersangkutan memiliki ijazah atau semacam surat keterangan lulus Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
“Sebab, untuk masuk dijenjang SD, tidak ada persyaratan harus menyetor Ijazah TK,” pungkasnya.
Dikatakannya, jika ada yang meminta persyaratan menyetor ijazah TK, maka itu merupakan kebijakan internal masing-masing sekolah.
Jika ada sekolah yang tidak menjalankan instruksi tersebut akan diserahkan kesekolah dan pihaknya akan menegur sekolah yang bersangkutan.
Karena, kata dia, bila pihak sekolah menerima peserta didik yang belum cukup umur, maka itu akan berpengaruh pada tingkat persiapan anak-anak untuk melanjutkan di jenjang selanjutnya. Selain itu akan terpengaruh pada tingkat perkembangan anak yang bersangkutan.
“Sanksi yang akan kami berikan kepada sekolah yang tidak menjalankan instruksi tersebut, maka kita akan tegur secara tertulis kepada kepala sekolah (Kepsek) dan meminta penjelasan kepada Kepsek yang bersangkutan kenapa menerima peserta didik baru yang belum memenuhi batas usia yang telah ditentukan untuk masuk di SD,” tuturnya. (m3/c/jie)

Click to comment
To Top