DPRD Kolaka Tidak Tahu Aktivitas PT WIL – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

DPRD Kolaka Tidak Tahu Aktivitas PT WIL

Muh Ajib Madjid

Muh Ajib Madjid

KOLAKA, BKK – ‎Komisi III DPRD Kolaka tidak tahu aktivitas PT Waja Inti Lestari (WIL) di Babarina Desa Muara Lapaopao Kecamatan Wolo, yang telah melakukan pengapalan ore di lokasi dianggap bermasalah.

“Saya belum tahu persoalan itu (PT WIL), soalnya saya baru pulang dari Jakarta,” kata ketua komisi III Muh Ajib Madjid, selasa (7/6) di kantor DPRD Kolaka.

Menurut politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini, setahu dirinya perusahaan itu pernah bermasalah hukum. Tetapi kalau perusahaan itu sudah melakukan aktifitasnya, bisa jadi memiliki dasar.

Adapun anggota komisi III Kaharuddin mengungkapkan, bisa jadi ore yang ada di desa Muara Lapaopao merupakan barang bukti. Kalau memang dugaan itu benar kalau ore merupakan barang bukti, berarti itu sudah masuk ranah pidana. Hanya saja pihak DPRD Kolaka belum bisa turun lapangan karena belum ada laporan pada pihak DPRD.

Direktur PT WIL yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya belum bisa dihubungi untuk dimintai klarifikasinya terkait aktivitas PT WIL yang telah melakukan pengapalan antar provinsi.

Sebelumnya direktur Lingkar Demokrasi Rakyat (Lider) Sultra Herman Syahruddin mengungkapkan, koordinat dan peta wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) operasi produksi PT WIL nomor 351 tahun 2010, telah dibatalkan nomor 502 tahun 2013 yang dikeluarkan Pj Bupati Kolaka Amir Sahaka.
“Perlu diketahui, dalam amar putusan tersebut, selain bukti surat dan lahan pertambangan, ditegaskan base camp dan sampel beberapa karung ore nikel dalam kawasan pertambangan tersebut dirampas untuk dimusnahkan,” ungkap Herman.

Anehnya menurut Herman, meski putusan pengadilannya sudah berkekuatan hukum tetap atau In kracht van gewijsde, tapi di lokasi IUP PT WIL masih melakukan aktivitas penambangan dengan melakukan pengapalan dan penjualan ore nikel. Pada hal ore yang dikapalkan dan dijual antar propinsi, besar dugaan merupakan barang bukti yang harus dimusnahkan. (cr3/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top