Calon Independen di Mubar Harus Kumpulkan 5.639 KTP – Berita Kota Kendari
Suksesi

Calon Independen di Mubar Harus Kumpulkan 5.639 KTP

Ilustrasi

Ilustrasi

LAWORO, BKK – Pasangan calon (paslon) yang ingin maju di jalur perseorangan atau biasa disebut calon independen, harus mengumpulkan sebanyak 5.639 dukungan kartu tanda penduduk (KTP) warga setempat.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat Awaluddin Usa mengatakan, jumlah itu berdasarkan hasil kalkulasi jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terkahir dikalikan 10 persen.

Di Mubar, jumlah DPT terakhir sebanyak 56.387 pemilih. Dengan demikian, DPT yang di bawah 250 ribu pemilih, maka batas minimal dukungan yang dikumpulkan calon perseorangan sekitar 10 persen dari jumlah DPT terakhir.

“Mengacu  pada undang-undang yang baru, yang boleh memberikan dukunganya jika nama-namanya tertera dalam DPT terakhir,” ungkapnya, Selasa (7/6).

Mantan wartawan ini menambahkan, meski syarat maju dari pintu perseorangan tidak sulit, hanya mengumpulkan dukungan KTP, namun tidak diperbolehkan untuk menggunakan KTP aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, Komisioner KPU, Panwas, Bawaslu, dan pegawai sekretariat.

Jika hal tersebut ditemukan,  maka calon independen tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat dan akan dicoret oleh KPU.

“Ini termuat dalam peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 yang telah diperbaharui oleh PKPU Nomor 12 tahun 2015 Pasal 97 yang mengatakan, TNI, POLRI, PNS, KPU, Panwas, Bawaslu, Pegawai sekretariat dilarang memberikan dukungan terhadap calon perseorangan,” paparnya.

Untuk menguatkan pemahaman, dalam waktu dekat KPU Mubar mengagendakan sosialisasi calon perseorangan di masyarakat.

“Rencananya, sosialisasi ini akan dilaksanakan pekan ini. Kita akan mengundang sejumlah pihak, di antaranya camat,  kepala desa, dan tokoh-tokoh masyarakat. (cr1/c/pas)

To Top