Polda Usut Dugaan Korupsi Dacil di Dikbud Sultra – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polda Usut Dugaan Korupsi Dacil di Dikbud Sultra

KENDARI, BKK – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi pemotongan tunjangan guru daerah terpencil (dacil) yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra.
Kasus pungutan liar (pungli) itu, disebut telah berjalan selama tiga tahun berturut-turut, yakni pada 2013, 2014, dan 2015. Dalam laporan, disebutkan besaran pungli diperkirakan telah mencapai miliaran rupiah.
“Masih penyelidikan. Dalam laporan dugaan korupsi itu mencapai miliaran rupiah,” terang Kepala Subdirektorat (Kasubdit) III Tindak pidana korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sultra, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Honesto R Dasinglolo, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/6).
Honesto menyebut, dalam kasus ini pihaknya telah memeriksa salah seorang saksi yang menjabat Kepala Bidang Dikbud Sultra. Dan, selanjutnya akan memanggil oknum-oknum yang ditengarai memiliki peran dalam dana tunjangan guru dacil tersebut.
Ditanya mengenai modus yang dipakai tersangka dalam melakukan pungli, perwira polisi dengan dua melati di pundak ini masih belum mau menjelaskan. Pasalnya, alas dia, kasusnya masih dalam tahap penyelidikan.
“Kami masih harus memeriksa saksi-saksi dulu untuk mengetahui itu (modus, red), karena ini juga masih penyelidikan,” terang Honesto.
Dikonfirmasi mengenai hal ini Kadis Dikbud Sultra Damsid, belum mau berbicara banya. Ia hanya mengatakan, bahwa kasus itu sudah selesai diperiksa di polda.
“Itu sudah selesai diperiksa di polda,” singkat Damsid melalu telepon selulernya, Senin (6/6). (kas)

Click to comment
To Top