Pemutakhiran Data Pilkada Kolut Menunggu DP4 – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pemutakhiran Data Pilkada Kolut Menunggu DP4

LASUSUA, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) masih menunggu Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) untuk mengetahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada yang akan dihelat serentak 2017 mendatang.

Ketua KPU Kolut, Asriadi Budiwan mengatakan, Panitia Pencarian Data Pemilih (PPDP) dan memutakhiran data akan dilakukan kembali awali Juli mendatang sebagai rujukan Daftar Pemilih Sementara (DPS)

“Insya Allah pemuktahiran data pemilih akan kembali dilakukan bersamaan perekrutan tingkat PPK dan PPS, di situlah juga kita akan merekrut PPDP,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah DP4 dari pusat yang ditunggu maka angka kenaikan jumlah wajib pilih sudah diketehui meski hasil koordinasi oleh DPT berkelanjutan di pemerintah daerah (Pemda) melalui dinas Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Kolaka Utara laporan jumlah penduduk yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sekitar 86 ribu jiwa

“Jadi kita sudah tetapkan jumlah pemilih dalam pemilu terakhir itu dalam berita acara 22 Mei sebanyak 16.771 wajib pilih, itu data pemilih DPS,” terangnya

Lanjutnya, mengenai kenaikan wajib pilih itu kita sudah menentukan wajib pilih pemilih pemilu terakhir sebagai Daftar Pemilih Sementara dan daftar pemilih potensial.

“DPT yang kita dapatkan dari capil itu sekitar 86 ribu jiwa yang ber-KTP tapi itu bukan sebagai acuan untuk kita jadikan DPT tapi kita jadikan bahan pembanding,” bebernya. (k2/d/jie)

To Top