Lama Buron, Santoso Diciduk di Konawe – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Lama Buron, Santoso Diciduk di Konawe

CURANMOR

KENDARi, BKK – Kepolisian Resor (Polres) berhasil menangkap tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang telah lama masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pelarian Santoso terhenti, setelah tim Buru Sergap (Buser) Polres Kendari mendatangi tempat persembunyiannya di Kabupaten Konawe, Minggu (4/6).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Baruga Ahun Komisaris Polisi (AKP) I Ketut Arya Wijanarka mengungkapkan, Santoso adalah pelaku pencurian yang sempat jadi DPO Polres Kendari.

Dan, Santoso juga adalah kawanan dari delapan pelaku lainnya yang lebih dulu ditangkap dan sudah menjalani masa hukuman setelah divonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kendari.

Dari keterangan beberapa temannya, kata Arya, Santoso sebagai penadah motor hasil curian yang dihasilkan delapn tersangka. Namun saat ditangkap dan dilakukan interogasi ternyata Santoso juga adalah eksekutor curanmor.

“Ada juga motor yang sempat diambil oleh pelaku. Untuk saat baru dua unit motor yang kami amankan. Lainnya masih pengembangan,” ujarnya.

Arya menyebut, motor hasil curian para tersangka itu telah disebar atau dijual ke beberapa daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Konawe Selatan (Konsel), Konawe dan Kolaka.

Motor-motor terdiri dari berbagai mereka dan tipe tersebut dijual dengan harga yang bervariasi, yakni mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 5 juta.

“Memang dia (Santoso, red) yang jual semua motor hasil curian,” beber Arya.

Atas perbuatannya itu, Santoso dijerat Pasal 363, Pasal 480 dan Pasal 55, 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian, penadah hasil kejahatan dan turut serta melakukan kejahatan, sengan ancaman pidana lima tahun penjara. (kas)

To Top