Kepsek dan Guru Merokok di Lingkungan Sekolah Akan Disanksi – Berita Kota Kendari
Beranda

Kepsek dan Guru Merokok di Lingkungan Sekolah Akan Disanksi

Pemasangan plang bebas asap rokok di sekolah.

Pemasangan plang bebas asap rokok di sekolah.

KENDARI, BKK – Menindaklanjuti Permendikbud Nomor 64 Tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari, Makmur SPd MPd, mengimbau kepada kepala sekolah dan guru untuk tidak merokok dalam kawasan sekolah.

Selain itu,  itu berdasarkan SK Walikota Kendari nomor 678 tahun 2015 tentang penunjukan sekolah-sekolah binaan program adiwiyata mandiri Kota Kendari tahun 2015.
“Bagi sekolah-sekolah yang adiwiyata harus bebas asap rokok. Jadi memang SK Walikota Kendari tersebut sejalan sekali dengan Permendikbud nomor 64 tahun 2015,” ungkap Makmur, Senin (6/6).
Tahun ajaran ini, kata Makmur, akan diterapkan kawasan bebas asap rokok di kawasan lingkungan sekolah, bahkan sebelumnya pihaknya juga sudah menerapkan kepada anak-anak yang sudah semester II tahun ajaran 2015-2016.
“Tahun ajaran 2016-2017 semester I ini sudah harus dilaksanakan, dimana sekolah wajib memasukan larangan rokok itu kedalam tata tertib (tatib) sekolah kemudian menolak penawaran berupa iklan dan sebagainya yang berbau rokok.
Bila ditemukan ada guru merokok dan ketahuan, maka guru tersebut akan disanksi oleh Kepala Sekolah (Kepsek). Begitu juga bila ditemukan Kepsek merokok dikawasan sekolah maka akan mendapatkan sanksi dan teguran dari Kadis.
“Jika sanksi dalam Permendikbud nomor 64 tahun 2015 terkait kawasan tanpa asap rokok dilingkungan mengharuskan untuk melakukan mutasi kepada guru maupun Kepsek yang merokok disekolah, maka kami akan melakukan mutasi,” pungkasnya.
Masi kata dia, pihaknya akan melakukan kontrol secara berkesinambungan terkait hal ini apalagi itu merupakan aturan dari pemerintah, apa lagi memang sekolah harus dijadikan sebagai sumber pendidikan karakter.
“Kami sangat berharap kepada semua Kepsek atau stakeholder sekolah untuk mendukung intruksi tersebut sebagai amanah kita untuk menjalankan peraturan Permendikbud tentang kawasana tanpa asap rokok dilingkungan sekolah,” tuturnya. (m3/c/jie)

To Top