Arus Barang Masuk di Bandara Halu Oleo lebih Besar – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Arus Barang Masuk di Bandara Halu Oleo lebih Besar

Kolonel (Prb) Sarmanto

Kolonel (Prb) Sarmanto

KENDARI, BKK – Masyarakat Kota Kendari termasuk kategori masyarakat yang konsumtif. Salah satunya terlihat dari lebih besarnya arus barang yang masuk dibandingkan barang yang keluar di Bandara Halu Oleo, Kendari.

Menurut data statistik angkutan udara atau kargo Bandara Halu Oleo dari tahun 2010 hingga tahun 2015 terus mengalami peningkatan. Pada 2010 lalu, muatan kargo yang masuk sebanyak 1.9 juta kg. Di tahun 2015, data kargo sudah mencapai 2,117 juta kg per tahun.
“Barang tersebut tiba di Kendari melalui Bandara Halu Oleo Kendari,” kata Kepala Bandara Halu Oleo, Kolonel (Prb) Sarmanto, akhir pekan lalu.
Di lain sisi, arus pengiriman barang atau kargo keluar relatif menurun. Pada 2010, arus barang keluar tercatat 1,678 juta kg pertahun. Pada tahun 2015, hanya sekitar 1,124 juta kg per tahun.
Pada periode 2016 ini, arus barang masuk rata-rata lebih 200.000 kg tiap bulannya. Malah pada Januari, sempat menembus sekitar 368.666 kg, bulan.
Kolonel Sarmanto memperkirakan meningkatnya arus barang masuk akibat bertumbuhnya usaha via online. Data kargo dihitung dari barang bawaaan penumpang pesawat, baik yang dibawa langsung di pesawat maupun dikirim melalui kargo.
“Sedangkan barang kargo yang berangkat dari Kendari rata-rata kurang lebih 140.000 kg per bulan, lebih kecil dari barang yang tiba,” kata Sarmanto.
Arus barang keluar dan masuk di Bandara Halu Oleo sangat tergantung dari aktivitas penerbangan dari dan tujuan ke Kendari. Setiap harinya, ada 34 penerbangan atau 17 pesawat yang tiba dan 17 pesawat yang berangkat.
Hingga April, penerbangan pesawat yang tiba sebanyak 385 kali dan berangkat juga 385 kali. (P6/c/aha)

To Top