Antisipasi Lonjakan Pengiriman, JNE Kendari Tambah Personil dan Armada – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Antisipasi Lonjakan Pengiriman, JNE Kendari Tambah Personil dan Armada

Suasana pelayanan pengiriman barang di Kantor JNE Kendari, Jl Ahmad Yani, Kendari.

Suasana pelayanan pengiriman barang di Kantor JNE Kendari, Jl Ahmad Yani, Kendari.

KENDARI, BKK – PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Kendari memastikan Ramadhan ini akan terjadi lonjakan pengiriman barang hingga 30 persen dari biasanya.

Untuk itu, JNE sudah melakukan berbagai langkah antisipasi agar tidak terjadi penumpukan barang yang bisa berakibat terlambatnya paket kiriman sampai ke tujuan.
“Diperkirakan lebaran tahun ini kiriman JNE akan meningkat hingga 30-40 persen. Tapi kita sudah mengantisipasi supaya tidak terjadi penumpukan pengiriman,” kata Pimpinan Cabang Utama JNE Kendari, Ratna Sari saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/6).
Langkah antisipasi itu dilakukan dengan menambah personil, terutama divisi operasional sebanyak 14 orang. Selain itu, dua pekan sebelum lebaran, pihaknya juga akan menambah satu armada pengiriman.

“Selain itu, kita atur ulang jam kerja (shift) karyawan untuk operasional mulai jam 7 pagi hingga 10 malam, serta ticketing bagi pelanggan yang datang untuk pengambilan paket kiriman di JNE Kendari,” tambahnya.
Untuk mempermudah proses pengiriman barang, JNE Kendari akan tetap beroperasi selama Ramadhan, hari libur, tanggal merah dan tetap melayani hingga lebaran. Tetapi hanya sampai jam 6 malam.
Dia melanjutkan, dengan gencarnya pembangunan infrastruktur jalan di Timur Indonesia, JNE pun ikut mengembangkan infrastrukturnya, berupa gerai dan warehouse bagi agen JNE. Hal ini dimaksudkan agar kapasitas load dan delivery terus bertambah, mengingat bisnis online terus bertumbuh di Indonesia.
JNE juga telah bekerjasama dengan seluruh maskapai penerbangan nasional, termasuk membooking Surat Muat Udara (SMU) untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan pengiriman akibat penuhnya kapasitas cargo udara. Booking space tersebut menjamin pengiriman barang JNE dipastikan memiliki ruang penyimpanan di setiap penerbangan.
Pemilik Mury GB Online Shop, Muriati mengatakan, kepastian pengiriman barang sangat penting bagi pelaku usaha online seperti dirinya. Apalagi saat ini, jumlah pemilik toko online sudah mencapai 40 juta dari 80 juta pengguna aktif internet.
Banyaknya jumlah pemilih toko online tentu harus diimbangi dengan jasa pengiriman barang. “Toko online dan kurir itu sudah satu bagian. Kalau Ramadhan, apalagi menjelang lebaran, permintaan barang online pasti meningkat. Karena itu kita butuh kepastian agar barang-barang yang sudah dipesan dapat sampai ke tangan pembeli sesuai komitmen,” katanya. (p6/b/aha)

To Top