Beranda

PKPD Tawarkan Software Pelayanan Desa

Direktur Program PKPD Amiruddin Muhammad saat bersosialisasi tentang software pelayanan desa, disalah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (4/6). (Pandi/BKK)

Direktur Program PKPD Amiruddin Muhammad saat bersosialisasi tentang software pelayanan desa, disalah satu hotel di Kota Kendari, Sabtu (4/6). (Pandi/BKK)

KENDARI, BKK – Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD) menawarkan software atau sistem dalam mendukung optimalisasi pelayanan di tingkat desa.

Direktur Program PKPD Amiruddin Muhammad mengatakan, pihaknya telah menggelar sosialisasi di dua kabupaten, yakni Muna dan Konawe. Khusus Konawe, pesertanya dihadiri sekitar 100-an kepala desa.

“Tujuan sosialisasi ini untuk mendukung pembangunan di desa dalam memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat,” terang Amiruddin di Grand Clarion Kendari, Sabtu (4/6).

Amiruddin menyebut, software yang mereka tawarkan sudah terintegrasi dan gampang digunakan. Bentuknya, seperti mikrosoft word dan bisa mendukung pembuatan program pembangunan desa, data desa dan informasi desa.

“Sistem ini sangat bagus dimanfaatkan oleh desa. Misalnya, kita bisa tahu silsilah keluarga, penduduk miskin, lansia dan program desa. Semua sudah dibuatkan dalam formatnya tinggal diisi,” paparnya.

Ke depan, kata dia, sistem ini bisa bermanfaat bagi kerja-kerja kepala desa dalam menata pelayanan kepada masyarakat.

“Ini menjadi alat bantu juga bagi desa dalam hal surat menyurat. Mereka tidak akan kerepotan lagi dalam membuat program,” ujarnya.

Sosialisasi ini, tutur dia, memiliki hubungan tentang turunya alokasi dana desa yang cukup besar. Menurutnya, ADD tidak dibangun dengan sumber daya manusia (SDM) yang baik, dampaknya pada masyarakat.

“Tujuannya adalah mewujudkan nawacita pemerintahan saat ini untuk membangun kepercayaan publik dari desa. Anggaran yang cukup banyak dan SDM tidak dibenahi, maka sangat disayangkan jika dikelola tidak baik,” tuturnya. (pas/jie)

To Top