Sah! Anggota Dewan Harus Mundur – Berita Kota Kendari
Aktualita

Sah! Anggota Dewan Harus Mundur

JAKARTA, BKK – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan secara substansi pembahasan RUU Pilkada sudah selesai. Persoalan apakah anggota DPR/DPD/DPRD harus mundur jika ingin maju pun sudah tidak lagi jadi bahan perdebatan.

Kalau pun masih ada lagi pertemuan antara pemerintah dengan DPR menurut Tjahjo, itu tinggal menetapkan posisi petahana, apakah cuti saat kampanye atau sejak mendaftar sebagai calon kepala daerah.
“Saya pastikan substansi pembahasan RUU Pilkada antara pemerintah dengan DPR telah selesai,” kata Tjahjo, di sela-sela rapat dengan Komisi II, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (30/5).
Untuk calon dari anggota DPR, lanjut mantan Sekjen PDIP ini, harus mundur. Sedangkan calon yang tertangkap tangan (OTT) politik uang lanjutnya, langsung dijatuhkan sanksi berupa diskualifikasi. Jika tim suksesnya, harus dibuktikan dengan SK (surat keputusan) dari satu tim yang dibentuk.
Mantan Ketua Fraksi PDIP di DPR ini menjelaskan saat ini pihaknya terus melakukan lobi kepada DPR untuk segera mengesahkan RUU Pilkada menjadi UU. “Kami terus lobi Komisi II DPR agar RUU ini segera disahkan jadi UU,” ungkapnya. (fas/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top