La Ode Rafiun Belum Berkeinginan Jadi Ketua PAN Buton – Berita Kota Kendari
Suksesi

La Ode Rafiun Belum Berkeinginan Jadi Ketua PAN Buton

La Ode Rafiun

La Ode Rafiun

KENDARI, BKK – Ketua DPRD Kabupaten Buton, La Ode Rafiun SPd yang juga  Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Buton menyatakan belum berkeinginan untuk menjadi Ketua DPD PAN Buton pasca kepemimpinan Umar Samiun.
“Saya harus tahu diri dan mengukur diri, bahwa saya adalah pendatang baru di rumah besar PAN, makanya saya lebih mempersilahkan yang lebih senior untuk memimpin PAN Buton ke depan,” kata La Ode Rafiun melalui telepon selulernya dari Jakarta usai mengikuti Rakernas PAN, Senin (30/5).
Menurut Rafiun membangun dan membesarkan PAN tidak harus menjadi ketua, tetapi jadi pengurus biasa pun tetap loyal dan mendedikasikan diri serta berkontribusi  buat PAN.
“Untuk membesarkan PAN, tidak mesti harus jadi ketua. Biar anggota sepanjang kita mendedikasikan diri kita untuk kebesaran partai itulah yang dinamakan loyalitas kader,” ujar Rafiun yang pernah menjadi Ketua  PPIB dan PPRN Buton.
Walaupun Rafiun baru duduk di kepengurusan PAN yakni di tahun 2012 lalu, namun sebenarnya Rafiun orang lama di PAN, karena dia termasuk ikut mendeklarasikan berdirinya PAN di Sultra pada 1998 lalu.
Pengalaman politik Rafiun sebenarnya tak diragukan lagi, sebelum terpilih sebagai anggota DPRD Buton dari PAN, dia pernah menjadi anggota DPRD Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) pada tahun 2004. Pada tahun 2009 ketika menjadi Ketua PPRN Buton dia berhasil merebut 2 kursi di DPRD Buton.
Bagaimana jika Umar Samiun menginginkan Rafiun ikut bertarung di Musda PAN? Rafiun menegaskan, dia adalah kader yang loyal dan selalu patuh pada pimpinan partai. “Jika senior merestui dan senior-senior lain juga mendukung, saya terpaksa untuk melanjalankan perintah. Tapi sekali lagi intinya saya tidak ambisi untuk jadi ketua,” katanya.
Menurutnya, amanah yang diberikan partai sebagai pimpinan DPRD adalah kepercayaan yang besar, sehingga dia berusaha menjalankan tugas dan amanah dengan baik. Karena keberhasilannya menjalankan tugas memimpin institusi wakil rakyat, itu juga untuk kebesaran PAN.
Rencana pergantian pengurus di DPD PAN Buton sebagai konsekwensi dari pergantian pucuk pimpinan PAN di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), dimana Umar Samiun terpilih sebagai Ketua DPW PAN menggantikan Nur Alam.
Soal pelaksanaan Rakernas PAN, Rafiun menyebutkan Umar Samiun tampil membawakan pikiran-pikiran pengembangan PAN dari DPW PAN Sultra.
Dijelaskan, inti Rakernas adalah menumbuhkembangkan rasa persaudaraan yang tinggi sesama kader PAN se Indonesia serta menyusun langkah strategis dalam mnyongsong pilkada serenrak 2017 dan 2018, serta termasuk persiapan pemilu 2019.
Dalam Rakerna juga dibaha soal pemerataan prmbangunan tidak hanya difokuskan di wilayah Jawa, namun juga di kawasan timur Indonesia sehingga keadilan dan kesejahteraan sepenuhnya untuk masyarakat indonesia.(lex)

Click to comment
To Top