Bupati Kolaka Panen Padi Sawah – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bupati Kolaka Panen Padi Sawah

Bupati Kolaka H Ahmad Safei didampingi Kadis Pertanian H Muh Azikin, Camat Polinggona Rahmat Hidayat melakukan panen padi sawah di Desa Pondouwae. (Foto: Armin/BKK)

Bupati Kolaka H Ahmad Safei didampingi Kadis Pertanian H Muh Azikin, Camat Polinggona Rahmat Hidayat melakukan panen padi sawah di Desa Pondouwae. (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA, BKK – Bupati Kolaka H Ahmad Safei melakukan panen padi sawah baru di Desa Pondouwae Kecamatan Polinggona, Senin (30/5) sore.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Holtikultura Kolaka H Muh Azikin mengungkapkan, panen padi yang dilaksanakan merupakan hasil dari proyek percetakan sawah baru tahun 2015. Hasilnya, ubinan yang didapat 5,7 ton per hektare. Ini merupakan capaian yang luar biasa, karena baru pertama dan panen selanjutnya akan bertambah dengan melakukan pengolahan sawah dan tanaman padi dengan baik.

Mantan Kabag Pembangunan Kolaka ini mengungkapkan, sawah baru ini merupakan eks kebun coklat yang sudah tidak produktif.  Ketika masyarakat mengusulkan percetakan sawah baru, pihak dinas melakukan peninjauan lapangan dan ternyata memenuhi syarat karena terdapat sumber air.

“Kita berharap panen selanjutnya produksinya bertambah 7 sampai 8 ton per hektare,” harapnya.

Azikin menjelaskan, percetakan sawah baru tidak sama dengan sawah yang sudah lama tercetak. Masyarakat yang harus membersihkan ranting kayu dan membuat pematang, sehingga dalam dua tahun kedepan sawah itu sudah bagus.

Sementara itu, Bupati Kolaka H Ahmad Safei mengungkapkan, pada saat menjadi Camat Watubangga dengan wilayah kerja mulai dari Lamedai hingga Toari, wilayah Polinggona sangat dirisaukan, karena kemaraunya panjang. Tapi sekarang sawahnya sudah sangat luar biasa.

Bagi dia, dengan panen padi pada sawah baru dengan ubinan 5,7 ton/ha, itu luar biasa. Jika nanti di Kolaka ubinannya sudah mencapai 7 hingga 8 ton/ha, itu sudah sangat luar biasa.  Saat ini kebijakan pemerintah terkait pertanian luar biasa, karena bertahun-tahun melakukan inpor beras, pada hal indonesia memiliki lahan yang luas untuk pengembangan pangan. Target 2017 Kementrian pertanian sudah harus swasembada pangan.

“Saya harap jangan ada lahan tidur, sekaligus meminta supaya petani ikut aturannya pemerintah, karena tidak ada pemerintah yang kasi bodoh masyarakatnya,” kata Safei. (cr3/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top