138 Rumah di Baubau Bakal Dibedah – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

138 Rumah di Baubau Bakal Dibedah

BAUBAU, BKK – Tahun 2016 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) melalui Direktorat Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan kembali memprogramkan Program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) atau program bedah rumah.

Kali ini Kota Baubau mendapat jatah 138 rumah untuk dibedah. Ke-138 rumah itu masuk dalam kategori Rumah Tak Layak Huni (RTLH), dan berada di dua kelurahan di Kecamatan Lealea, yakni, Kelurahan Kolese dan Kelurahan Kalialia.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Baubau, DR Roni Mucktar mengatakan, Kota Baubau sendiri mengirim data hingga 800 lebih rumah tak layak huni untuk dibedah, namun baru dapat 138 rumah saja.

Untuk memastikan data itu benar dan si penerima yang membutuhkan layak menerima bantuan itu, Bappeda sementara melakukan verifikasi langsung ke lapangan. Nantinya akan ada tiga kategori rumah yang akan dibedah dengan nilai berbeda tiap rumah.

Roni menyebut, syarat warga yang berhak menerima bantuan, diantaranya, memiliki atau menguasai tanah namun belum memiliki rumah, memiliki dan menempati rumah satu-satunya dengan kondisi tidak layak huni, belum pernah memperoleh bantuan rumah dari pemerintah.

Kemudian si penerima berpenghasilan 30 persen diatas upah minimum provinsi setempat, diutamakan yang telah memiliki keswadayaan dan berencana membangun atau meningkatkan kualitas rumahnya, bersedia bertanggung jawab dalam pemanfaatan BSPS, dan bersedia membentuk kelompok dan bersedia mengikuti ketentuan BSPS.

“Juli ini sudah kita berikan,” kata Roni. (k2/c/jie)

Click to comment
To Top