Umar Tegaskan PAN Kolut Usung Kader – Berita Kota Kendari
Suksesi

Umar Tegaskan PAN Kolut Usung Kader

Ketua DPW PAN Sultra, SAmsu Umar Abdul Samiun

Ketua DPW PAN Sultra, SAmsu Umar Abdul Samiun

LASUSUA, BKK – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Tenggara (Sultra) Umar Samiun menegaskan tetap akan mengusung kader internalnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolaka Utara (Kolut).

Sebelumnya, beberapa bakal calon (balon) yang maju di Pilkada Kolut telah mengklaim bahwa pintu partai matahari terbit itu sudah dikantongi.

Hanya saja, klaim ini langsung dibantah oleh Umar Samiun. Dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Minggu (29/5), Umar mengaku, sebagai penerima mandat menjadi Ketua DPW PAN Sultra, belum memberikan rekomendasi pada balon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kolut.

“Mandat sebagai Ketua DPW baru saja di pegang, bagaimana ada rekomendasi dukungan? PAN ini salah satu parpol yang paling besar di Sultra sehingga kalau ada kader yang berpotensi menang, pasti PAN akan mendukung penuh,” tegas Umar Samiun.

Menurut Umar, dirinya baru beberapa hari bertemu dengan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan berkait posisinya sebagai Ketua DPW PAN Sultra. Pada kesempatan itu, Zulkifli ikut menyampaikan agenda politik 2017.

“PAN itu memiliki mekanisme dan rambu yang diatur dalam amanat anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART). Sehingga, nama cabup dan cawabup yang akan diusung dan didukung itu atas rekomendasi dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kolut,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Umar, PAN memastikan akan mengusung Ketua DPD PAN Kolut Anton SH untuk maju di Pilkada Kolut.

“Masa. ada kader yang memiliki pengalaman, cerdas dan berpeluang, PAN harus mengusung atau mendukung orang lain? Kan lucu,” katanya dengan tertawa.

Bupati Buton ini menyadari, untuk mengusung pasangan cabup dan cawabup, PAN belum mencukupi kursi, hanya 3 kursi dari syarat 5 kursi. Untuk mencukupinya, DPW PAN dan DPD PAN Kolut sedang melakukan komonikasi politik dengan parpol lain untuk bersama mengusung dan mendukung pasangan cabup dan cawabup.

“Anton itu dua priode jadi Wakil Ketua DPRD Kolut dan pernah ikut jadi Cabup Kolut yang saat itu melawan incumbent. Sehingga, tingkat elekabilitas dan popularitas tidak perlu lagi diragukan” imbuh Umar Samiun.

PAN, kata Umar Samiun akan ful menurunkan mesin partai untuk mengahadapi pilkada serentak tahun depan. (k2/c/pas)

Click to comment
To Top