PTN dan PTS Diimbau Turut Serta Dalam Peksimida – Berita Kota Kendari
Pendidikan

PTN dan PTS Diimbau Turut Serta Dalam Peksimida

KENDARI, BKK – Perguruan tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra), diharapkan berpartisipasi dalam dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) 2016 yang berlangsung di gedung Auditorium Univeristas Halu Oleo (UHO) Kendari.
Wakil Ketua II Peksimida Muhamad Zein mengatakan, dalam kegiatan Peksimida antusias PTN maupun swasta yang ada di Provinsi Sultra sangat kurang. Peksimida 2016, hanya diikuti tiga PTN yakni UHO, Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK) dan Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau.
Ia menyebut, lomba-lomba yang dipertandingkan dalam Peksimida tersebut antara lain lomba tari, vokal grup, lomba baca puisi, pop singer, dangdut, dan keroncong.
“Peksimida ini merupakan kegiatan tahapan sebelum Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) dilaksanakan. Tujuan dilaksanakan Pekaimida ini adalah untuk melihat hasil yang terbaik dari pelaksanaan Peksimida, kemudian peserta yang berhasil menjadi terbaik dalam Peksimida akan diikutsertakan dalam Peksiminas untuk mewakili daerah Provinsi Sultra,” ungkap Muhamad Zein saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (29/5).
Ia menguraikan, bila salah satu peserta berhasil menjadi juara satu di lomba pop singer, maka bisa saja peserta tersebut akan mewakili PTN Sultra di Peksiminas nanti. Sebab kegiatan ini konteksnya Sultra bukan UHO.
“Saya berharap agar dalam Peksimida selanjutnya bisa diikuti seluruh PTN yang ada di Provinsi Sultra, agar bisa mewakili Sultra dalam Peksiminas,” ungkap Pembantu Dekan (PD) I FISIP itu.
Hal ini ikut dibenarkan Sekertaris Peksimida, Asril S Sos MSi.
“Lomba-lomba yang dipertandingkan dalam Peksimida itu sama dengan lomba-lomba yang dipertandingkan dalam Peksiminas nanti. Dimana lomba yang dipertandingkan itu sebanyak 15 tangkai lomba yakni pop singer, dangdut, puisi, penulisan puisi, penulisan lakon, penulisan cerita pendek (cerpen), fotografi, comic strip, desain poster, vokal grup, serta tarian,” jelasnya.
Dari 15 tangkai lomba, lanjut Asril, rujukan Peksiminas itulah juga yang akan disampaikan kepada peserta di PTN maupun swasta pada saat seleksi Peksimida. Akan tetapi, yang diikuti oleh peserta dalam hal ini PTN maupun swasta yang lain itu cuma tujuh tangkai lomba yakni tarian tari kreasi baru, vokal grup, baca puisi, penulisan puisi, desain poster, dan fotografi.
“Dari tujuh jenis lomba ini sudah kita lakasanakan menyusul dua lomba yakni desain poster dan fotografi,” ujarnya.
Asril menambahkan, untuk jenis lomba pop singer, dangdut, keroncong, tarian dan vokal grup itu rata-rata yang akan mewakili Sultra mahasiswa yang berasal dari UHO. Selain itu untuk lomba baca puisi yang berhasil melangkah ke Peksiminas dari UHO.
“Intinya, di sini bukan kalah menangnya yang dicari. Yang terpenting adalah masing-masing peserta sudah menunjukan pengembangan minat dan bakatnya yang telah lama terpendam dan sudah disalurkan dalam Peksimida. Bagi peserta yang belum lolos dalam seleksi daerah ini saya kira di tahun-tahun selanjutnya mereka akan memiliki peluang untuk bisa lolos seleksi daerah ini,” tuturnya. (m2/m3/c/pas)

Click to comment
To Top