Masjid Al Alam Masih Butuh Rp 100 Miliar – Berita Kota Kendari
Beranda

Masjid Al Alam Masih Butuh Rp 100 Miliar

KENDARI, BKK– Ditargetkan selesai sebelum masa jabatan Gubernur Sultra, Nur Alam berakhir, pembangunan Masjid Al Alam terus dikebut. Namun agar bisa selesai sesuai harapan, dana yang dibutuhkan masih sangat besar, sekitar Rp 100 miliar lebih.

Kepala Dinas Perhubungan (PU) Provinsi Sultra La Ode Saidin mengatakan, masjid yang dibangun di tengah Teluk Kendari itu terus dikerjakan. Proses pembangunannya akan dikebut sehingga bisa dimanfaatkan sebelum berakhir masa jabatan Nur Alam.
“Anggaran, peralatan dan para pekerjanya sudah siap. Kita tinggal menunggu saja hasilnya. Kan lebih bagus dipercepat,” katanya belum lama ini.
Yang sementara dikerjakan saat ini adalah pembangunan jalan masuk ke areal masjid. Saat ini, jaraknya antara jalan dan masjid sudah hampir ketemu, tinggal beberapa meter. Rencananya, akhir bulan ini sudah akan tersambung dengan pinggir masjid.
Untuk tahun ini, Pemprov telah mengalokasikan anggaran Rp 70 miliar untuk pembangunan masjid. Total anggaran yang dihabiskan sejak 2008 hingga sekarang sudah mencapai sekitar Rp 110 miliar dari total Rp 300 miliar. Semuanya bersumber dari APBD Sultra.
“Masih membutuhkan Rp 100 miliar lebih lagi. Total anggaran yang dibutuhkan hampir Rp 300 miliar,” paparnya.
Menurut Saidin, pembangunan biasanya tidak berjalan mulus sesuai dengan perencanaan, terlebih jika membangun di laut. Menurut dia, ada saja kekurangan anggaran saat pengerjaan mulai berjalan yang tidak sesuai dengan hitungan awal.
“Masalah konstruksi itu sulit kita bicara. Karena, uang berdasarkan volumenya. Sekian miliar, belum tentu tuntas,” urainya.
Dia mencontohkan, pembangunan jalan Rp 5 miliar untuk jalan sepanjang dua kilometer. Ternyata anggaran yang disiapkan tidak cukup. Pasalnya, jalan di laut dibutuhkan dekernya, jembatan atau drainasenya.     Awalnya untuk dua kilo, sekarang tinggal satu kilo saja,” tuturnya. (pas/b/aha)

Click to comment
To Top