Lingkar Sultra

Lagi, Rumah Warga Dilalap Sijago Merah

Asap mengepul di atap rumah seorang warga Jalan Made Sabara Kabupaten Muna.

Asap mengepul di atap rumah seorang warga Jalan Made Sabara Kabupaten Muna.

RAHA, BKK – Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Muna. Kali ini, si jago merah melalap rumah milik La Ode Saahu, warga Lorong Sasino Taxi, Jalan Made Sabara, Kecamatan Bata Laiworu, Sabtu (28/5) sekitar pukul 16.00 Wita.

Api begitu cepat menjalar ke bagian atas rumah hingga nyaris ludes. Lokasi kebakaran berdekatan dengan rumah warga lainnya diantaranya rumah Kadis Diknas Kabupaten Muna Drs Ndibale dan rumah mantan Kepala Bidang Pendapatan DPPKAD Kabupaten Muna Ikbal Qoda SH.

Lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api agar tidak menyebrang ke rumah warga lainnya. Ditengah penanikan, warga sekitar kejadian beramai-ramai membantu pemilik rumah menyelamatkan sebagian barang milik korban dari amukan api. Meskipun demikian, rumah La Ode Saahu tetap saja nyaris ludes.

Selain ratusan warga berada di tempat kejadian perkara (TKP), terlihat pula puluhan aparat kepolisian Polres Muna dan Polsek Katobu sibuk mengatur arus lalu lintas di sana.

Informasi yang dihimpun koran ini di TKP, saat terjadi kebakaran, pemilih rumah La Ode Saahu sedang tidak berada di rumah.

“Tidak ada bapak dan mamaku, mereka sedang ziarah kubur di kampung saat rumahnya terbakar. Yang ada di rumah cuma iparku saja. Kami belum tahu apa sebab rumah orang tuaku ini terbakar,” kata Adi (35) anak korban saat ditanyai di sela sela kepanikannya karena rumah orang tuanya terbakar.

Sekitar sejam kebakaran, rumah tersebut sudah ludes. Terlihat rangka atas rumah hangus. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Kasat Reskrim Polres Muna AKP Luhter Farfar SIK yang dijumpai di TKP, mengaku belum tahu penyebab kebakaran tersebut. “Masih dalam keadaan terbakar seperti ini, kita belum tahu apa penyebab kebakarannya. Lagi pula kita belum olah TKP,” kata Kasat Reskrim Polres Muna ini

Di Kota Raha akhir-akhir ini memang kerap terjadi musibah kebalaran, baik rumah warga maupun mobil yang terbakar atau dibakar orang tidak dikenal. Mulai dari mobil milik PNS Diknas Muna Kudus Muharam, kemudian mobil milik Jamzir Sibuka, kemudian rumah Lurah Raha 1 , puluhan lapak terbakar di Pasar Laino Raha hingga rumah La Ode Saahu. Entah ada kaitannya dengan politik atau memang musibah. Wallahu A’lam. (cr1/c/jie)

To Top