Beranda

Gagas Publikasi Perda melalui Aplikasi Android

KENDARI, BKK – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari berhasil melobi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dibuatkan aplikasi publikasi Peraturan Daerah (Perda) melalui aplikasi android.

Pasalnya, aplikasi publikasi ini merupakan terobosan baru yang sangat canggih, sebab dapat diakses melalui handphone (hp) oleh semua masyarakat di Indonesia.
“Dengan adanya aplikasi ini, akan lebih memudahkan kita untuk melakukan sosialisasi karena semua masyarakat dapat mengaksesnya,” terang Anggota Komisi II, Samsuddin Rahim ditemui di rumahnya, Minggu (29/5).
Bukan hanya itu, lanjut dia, masih ada beberapa keunggulan lain dari aplikasi ini, diantaranya masyarakat dapat mengetahui isi Perda sehingga bisa memberikan kontrol jika tidak sesuai dan akuntabiltas. Transparansi kerja DPRD juga kelihatan.
“Kalau ada yang tidak sesuai dari Perda maka masyarakat dapat memberikan komentar atau masukan melalui aplikasi ini, dari masukan dan komentar tersebut, akan menjadi bahan evaluasi kami di DPRD,” jelasnya.
Wakil Ketua Badan Legislasi ini juga berharap Kemendagri dapat segera meluncurkan aplikasi yang telah dijanjikan tersebut, karena menurut dia aplikasi tersebut lebih efisien dan tepat sasaran dibandingkan dengan cara publikasi perda yang dilakukan sebelumnya.
“Kalau kita bandingkan, publikasi Perda dengan menggunakan aplikasi publikasi akan lebih efektif dibandingkan cara lama, untuk itu kami berharap aplikasi tersebut dapat segera diluncurkan,” pungkasnya. (m2/c/jie)

To Top