Memperkuat Perda Pencabutan Izin Miras, Komisi II Kunker ke Kemendagri – Berita Kota Kendari
Beranda

Memperkuat Perda Pencabutan Izin Miras, Komisi II Kunker ke Kemendagri

KENDARI, BKK – Memperkuat Peraturan Daerah (Perda) pencabutan izin penjualan minuman keras (miras), Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak Selasa (24/5) hingga Sabtu (28/5).

Anggota Komisi II DPRD Kota Kendari, Samsuddin Rahim dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis (26/5) menjelaskan, kunjungan komisi II ke bagian hukum Kemendagri di Jakarta untuk menambah literatur Perda yang saat ini sedang digagas Badan Legislasi (Baleg) DPRD Kota kendari.
“Kita kesini untuk mencari tambahan literatur dalam pembuatan Perda pencabutan izin miras yang ada di Kota Kendari,” ujarnya.
Pengusulan Perda ini, lanjut dia, memang sudah sejak lama diusulkan Pemkot, hanya saja belum dapat terlaksana akibat masih ada dasar-dasar hukum yang kurang memadai untuk dibuatkan Perda. Selain itu usulan Perda ini juga berlawanan denga Perda Kota kendari yang terlebih dahulu ada.
“Kita sudah punya Perda nomor 2 tahun 2013 tentang retribusi izin tempat penjulan miras, dari Perda ini kita telah banyak mendapatkan tambahan bantuan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga untuk menghapus perda ini dan mebuat Perda baru yang berlawanan diperlukan landasan kuat,” terang Wakil Ketua Baleg ini.
Salah satu Anggota Baleg, Yasin Idrus juga menambahkan, kalau dibanding dengan nilai negatif yang ditimbulkan maka sudah sewajarnya Perda pencabutan izin miras diadakan.
“Miras merupakan pemicu kriminalitas seperti pemerkosaan, pembunuhan, KDRT dan berbagai kejahatan lainnya, dan itu tidak sebanding dengan pendapatan bantuan PAD,” pungkasnya. (m2/c/jie)

Click to comment
To Top