Kompetensi ASN Kota Kendari Tidak Merata – Berita Kota Kendari
Beranda

Kompetensi ASN Kota Kendari Tidak Merata

PNS

KENDARI, BKK – Kompetensi aparatur sipil negara (ASN) di Kota Kendari dinilai tidak merata. Ada beberapa bidang yang kekurangan ahlinya dan di sisi lain membeludak.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Kendari Asrun, Kamis (26/5). Menurut Asrun, pegawai negeri di Kota Kendari cukup banyak kuantitasnya. Hanya saja, dari segi kompetensi tidak merata penyebarannya.

“Salah satu contoh di bidang akuntansi dan dokter ahli kita masih kurang. Di bidang ini kurang tenaga,” papar Asrun.

Di bidang lain, sebut Asrun, aparatnya cukup banyak dan terkesan berlebih. Untuk itu, kata dia, sangat sulit untuk dikoordinasikan antara bidang dengan kompetensi dan keahlian masing-masing.

“Memang, di sisi lain ada yang jomplang dan yang lain sudah kelebihan. Tapi kita susah untuk konekan karena soal kompetensinya,” ujarnya.

Untuk mengangkat kekurangan di bidang khusus ini, kata Asrun, belum ada regulasi yang mengaturnya. Memang, kata dia, ada aturan dari pusat bahwa bisa mengangkat pegawai non-NIP. Hanya saja, pertimbangannya adalah kemampuan daerah.

“Pegawai dengan perjanjian kerja ini kita belum dikasi jatah. Hanya saja, kita harus pertimbangkan dulu dengan kemampuan anggaran kita. Ini juga kita harus bicarakan bersama dengan dewan,” jelasnya.

Pemerintah Pusat, sebut Asrun, selalu mengeluarkan aturan tapi dibebankan kepada daerah. Padahal, kata dia, tidak semua daerah bisa melaksanakan itu, khususnya pengangkatan pegawai non-ASN.

“Gajinya mereka ini sama dengan PNS. Tapi kita harus sesuaikan dengan kemampuan anggaran kitan,” tuturnya.

“Ini nanti, menjadi tugas pemerintah selanjutnya yang saya anggap cukup berat,” pungkasnya. (pas/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top