Kejati Lidik Kasus Pengadaan Sapi Fiktif di Dinas Peternakan Konawe – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kejati Lidik Kasus Pengadaan Sapi Fiktif di Dinas Peternakan Konawe

KENDARI, BKK – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan hewan ternak 10 ekor sapi di Dinas Peternakan Kabupaten Konawe 2013.
“Kami sedang menyeriusi kasus ini. Tim sudah dibentuk dan sedang diterjunkan dilapangan,” ungkap Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra Sugeng Djoko Susilo SH MH, melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra Janes Mamangkey SH, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/5).
Janes mengatakan, pihaknya masih membutuhkan beberapa informasi menganai kasus tersebut, sehingga kini sedang berkordinasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Unaaha untuk membantu proses pengumpulan data.
Substansi perkara tersebut, jelas dia, untuk sementara belum bisa dipublikasikan. Alasannya, kasus itu belum masuk tahap penyidikan, namun perlu diketahui proses yang sudah berjalan.
“Intinya tim sudah melakukan konfirmasi terkait adanya pengadaan sapi ternak dan kandang itu, dan Memang pengadaan ternaknya ada dan sudah direalisasikan, kita tinggal kumpulkan saja bukti-bukti yang kuat soal kebenaran laporan dugaan korupsinya. Substansinya jangan diketahui, ya dek, karna ini masih proses penyelidikan, kan kalau dipublikasi dan ketahuan disana (Konawe,red) mereka bisa sembunyikan bukti-buktinya,” alas Janes.
Diketahui, pengadaan ternak dianggap tak jelas peruntukannya dan mengarah pada penerima masyarakat yang diduga fiktif. Beberapa masyarakat yang seharusnya layak untuk mendapatkan sapi ternak, malah tidak diberikan.
Ternak sapi sebanyak 10 ekor yang terdiri dari sembilan ekor sapi betina dan satu ekor sapi jantan yang spesifikasinya berumur minimal 18 bulan itu, belum seluruhnya diterima kelompok penerima.
Anggaran yang digelontorkan  dalam pengadaan ternak sapi itu mencapai Rp 200 juta, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konawe 2013. (p5/c/kas)

Click to comment
To Top