Beranda

Awal Ramadan, Warung Makan Wajib Tutup

Walikota Dr H Asrun

THM Tidak Boleh Beroperasi Selama Ramadan

KENDARI, BKK – Wali Kota Kendari Ir Asrun dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan surat edaran bagi pemilik warung makan dan tempat hiburan malam (THM) pada saat Bulan Ramadan.

“Saya akan keluarkan surat edaran. Tadi sudah ada usulan, tapi kita akan diskusikan dulu dengan sekda,” terang Asrun di ruang kerjanya, Kamis (26/5).

Khusus THM, sebut Asrun, harus tutup 24 jam selama satu bulan penuh bulan suci. Sedangkan warung makan, penutupannya hanya diberlakukan awal Ramadan saja. Hal ini menurut dia, tidak semua warga Kendari berpuasa.

“Pemikiran saya, tidak semua orang yang datang di Kendari ini berpuasa. Boleh jadi, bukan orang muslim atau orang Islam yang sedang bepergian atau menjadi musafir dan tidak wajib baginya untuk berpuasa. Tentu, harus ada ruang mendapatkan makanan,” paparnya.

Meski diberikan keleluasaan bisa membuka siang hari, Asrun mengingatkan agar jangan terlalu fulgar. Tetap, mereka harus menghargai umat Muslim yang melaksanakan puasa.

“Pintunya jangan terlalu dibuka lebar-lebar,” katanya.

Khusus THM, kata dia, tidak ada ampun dan mereka harus tutup selama Ramadan. Bila ada yang buka, maka akan diberikan sanksi tegas.

Selain THM dan warung makan, Asrun ikut mendesak Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) untuk merazia dan menyeleksi bahan makanan yang kedaluwarsa. Sebab, barang berbahaya ini sangat sering ditemukan jelang Ramadan.

“Jangan sampai ada barang kedaluwarsa ini ditemukan. Sebab, bisa mengganggu kesehatan masyarakat dan sangat berbahaya,” katanya.

Bila ada pedagang atau supermarket yang menjajakan makanan berbahaya, dia mendesak agar diberikan sanksi tegas tanpa pandang bulu.

“Kalau ada harus disanksi. Itu teknsi dari BPOM langsung,” tuturnya. (pas/jie)

To Top