11.619 Camaba Berebut 4.000 Kursi di SBMPTN – Berita Kota Kendari
Pendidikan

11.619 Camaba Berebut 4.000 Kursi di SBMPTN

Suhardin. (Nirwan/BKK)

Suhardin. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak 11.619 calon mahasiswa baru (camaba) berebut masuk di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sementara kuota yang akan diterima dijalur ini sebesar 30 persen dari daya tampung masing-masing program studi (prodi) atau sekitar 4.000 orang.
Kepala Biro BAK SBMPTN, Suhardin, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/5) mengatakan, jumlah camaba yang mendaftar cukup banyak jika dilihat dari kuota yang disiapkan. Mereka, harus bersaing, satu orang menggugurkan tiga camaba.
“Dari berbagai fakultas yang disediakan kuota paling besar adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),” ungkap Suhardin.
Suhardin menjelaskan, jurusan yang dibuka di jalur SBMPTN itu adalah semua program studi strata satu (S1) yang sudah memiliki izin operasional dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Sedangkan untuk program diploma, nanti akan mendaftar di jalur mandiri atau seleksi lokal.
“Setelah SBMPTN diumumkan akan dibuka lagi seleksi mandiri atau seleksi lokal yang diperuntukan program diploma. Tetapi, kalau masih ada prodi S1 yang belum terpenuhi daya tampungnya, akan dilakukan penerimaan lagi camaba pada jalur seleksi lokal atau mandiri,” paparnya.
Dikatakannya, syarat yang harus dipenuhi oleh camaba yang masuk jalur SBMPTN,  pertama harus lulus utamanya tahun akademik 2016. Sebab, camaba yang akan diterima di tahun ini adalah angkatan 2014-2016.
“Jadi memang, dibatasi tahun akademik di jalur SBMPTN ini. Tes SBMPTN ini akan dilakukan pada 31 Mei 2016. Setelah itu akan dilakukan validasi di Institut Teknologi Surabaya (ITS)., Selanjutnya, para rektor masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan diundang untuk penentuan kelulusan,” jelasnya.
Sebelum penentuan kelulusan, tutur dia, semua nilai yang diraih oleh masing camaba sudah diranking dari masing-masing prodi.
Jumlah ruangan yang akan dipergunakan dalam tes SBMPTN sebanyak 581 ruangan. Yakni, semua ruangan di fakultas yang ada di UHO dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Kendari. Misalnya,di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kendari dan SMPN 10.
“Sedangkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) antara lain SMK 2 Kendari dan SMK 3 Kendari, untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) yakni SMA 1 Kendari, SMA 4 Kendari, dan MAN 1 Kendari,” sebutnya.
Tes yang diberikan kepada camaba di jalur SBMPTN ini, terdiri dari tiga, yakni, sains dan teknologi (saintek), sosial umum (sosum) dan campuran. (m3/c/pas)

To Top