Perhubungan di Sultra Belum Punya Pedoman Teknis – Berita Kota Kendari
Beranda

Perhubungan di Sultra Belum Punya Pedoman Teknis

KENDARI, BKK – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Hado Hasina menilai, perhubungan di Sultra belum memiliki pedoman teknis seperti yang dianjurkan Pemerintah Pusat (Pempus).

Ditemui di Hotel Estate, Selasa (24/5), Hado mengaku, ada pedoman yang harus dipenuhi setiap wilayah. Salah satunya, konsep tataran transportasi wilayah (tatrawil). Tatrawil ini, sebut Hado, harus tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub).

“Saya melihat, penyelenggaraan perhubungan di Sultra belum memiliki pedoman teknis. Sudah ada konsep tetapi belum final dalam legal aspek,” katanya kepada Berita Kota Kendari.

Hado menguraikan, tatrawil ini menyangkut tentang pengelolaan atau managemen ruas dan simpul. Menurutnya, simpul ini merupakan titik awal jalur transportasi.

“Simpul itu, ada tiga yakni simpul udara, laut dan darat,” sebutnya.

Khusus udara, sebut dia, simpulnya ada di Bandara Haluoleo Kendari. Laut ada di Pelabuhan Murhum dan beberapa pelabuhan lainnya. Sedangkan simpul darat, hingga saat ini masih simpang siur.

“Kita belum tahu yang di Baruga atau Puuwatu, belum jelas. Persoalan darat ini, kita harus lihat kembali. Kalau di Makassar, simpulnya ada di Daya,” jelasnya.

Untuk menyelesaikan ini, kata dia, akan membicarakannya kembali dengan pemerintah kabupaten (pemkab) terkait. Setelah itu, akan dibuatkan Peraturan Gubernur (Pergub) untuk ditetapkan sebagai pusat simpul transportasi darat.

“Kita akan bicara dengan kabupaten yang ada di mana simpulnya antara Baruga atau Puuwatu,” tuturnya. (pas)

Click to comment
To Top