Aktualita

Kades Diingatkan Kumpulkan Masyarakat Saat Tarawih

KOLAKA, BKK– Ramadhan tiba sebentar lagi. Agenda rutin pemerintah, Safari Ramadhan mulai dipersiapkan. Bupati Kolaka H Ahmad Safei pun mengingatkan para kepala desa agar ikut menyukseskan Safari Ramadhan dengan cara mengumpulkan masyarakat pada saat tarawih.

“Kalau ke sana tidak ada orang, masjid hanya diisi kades, istri dan anaknya, tim (Safari Ramadhan) pulang saja. Nanti kita proses itu kadesnya,” tegas Ahmad Safei saat memimpin rapat persiapan Safari Ramadhan, di ruang rapat SMS Berjaya, Selasa (24/5).
Menurut bupati, Safari Ramadhan menjadi momentum bagi pemerintah untuk menjalin silaturahim dengan masyarakat, sekaligus menyampaikan program-program pemerintah. Olehnya itu, Kades pun harus berusaha agar masjid-masjid yang ditempati Safari Ramadhan nanti diramaikan oleh warga.
Bagi Ahmad Safei, tidak ada alasan bagi Kades untuk tidak menyukseskan Safari Ramadhan. Sebab dalam Alokasi Dana Desa (ADD), terdapat dana kegiatan keagamaan.
Selain Kades, Bupati juga mengingatkan para kepala SKPD bahwa mengikuti Safari Ramadhan merupakan kewajiban, sepanjang tidak ada tugas luar. Kalau berhalangan, harus ada yang mewakili.
Bupati menginginkan Safari Ramadhan kali ini lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. Kebiasaan tahun lalu di mana tim berkumpul di Rujab Camat, tidak dilakukan lagi. Nantinya, tim safari langsung berangkat ke desa tujuan. Bantuan pun akan diserahkan langsung kepada penerima, terutama orang tua jompo dan anak yatim yang ada di desa itu.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakandepag) Kolaka H Abdul Azis Baking mengungkapkan pihaknya siap menyukseskan Safari Ramadhan yang digagas Pemkab. Dalam hal ini, Kemenag akan menyiapkan mubaligh yang akan mengisi ceramah tarawih. (cr3/d/aha)

To Top