Suksesi

Hanya Lima Paslon di Pilwalkot Kendari

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari memprediksi jumlah pasangan calon (paslon) yang bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 hanya lima Paslon. Empat dari partai politik (parpol) dan satu dari calon perseorangan.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu mengatakan, berkaca pada Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pencalonan, maka syarat bagi Parpol untuk mengusung paslon adalah 20 persen dari jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
Di DPRD Kota Kendari sendiri ada 35 kursi. Dengan pembagian 20 persen, itu berarti Paslon membutuhkan minimal tujuh kursi.
“Setelah kita simulasikan, paling banyak empat dari parpol. Kalau lima, kecil kemungkinan (untuk parpol). Kalau empat sudah maksimal,” paparnya saat ditemui di gedung KPU Kota Kendari, Selasa (24/5).
Meski begitu, kata Hayani, jumlah paslon tergantung parpol masing-masing. Sebab, KPU pada prinsipnya hanya menerima pendaftaran saja.
“Semua tergantung parpolnya asalkan memenuhi jumlah 20 persen yang disyaratkan undang-undang,” paparnya.
Berbeda dengan calon perseorangan. Dalam Undang-Undang Pilkada, calon independen harus mengantongi 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan KPU dan tersebar minimal di atas 50 persen jumlah kecamatan.
Bagi figur yang sudah mulai mewacanakan diri maju sebagai calon perseorangan, agar segera mendapatkan wakilnya. Sebab, dalam proses pengumpulan dukungan dari kartu tanda penduduk (KTP) tidak bisa tunggal, harus dengan wakilnya.
“Calon perseorangan harusnya sudah ada wakilnya. Supaya pada saat penyerahan jumlah dukungan minimal ke KPU pada 6 Agustus 2016 sudah tidak ada masalah,” ungkap Divisi Teknis dan Data KPU Kota Kendari Zainal Abidin.
Menurut Zainal, pihaknya baru saja menetapkan jumlah minimal dukungan dan persebaran bakal paslon perseorangan pada 22 Mei 2016. Dalam keputusan itu, rekapitulasi DPT pemilu terakhir sebanyak 243.680 pemilih.
Dengan demikian, paslon perseorangan harus mendapatkan dukungan minimal 10 persen dari jumlah DPT yang telah ditetapkan atau sekitar 24.368 dukungan.
“Bila dilihat dari jumlah kecamatan, Kota Kendari ada 10 kecamatan. Dengan demikian, paslon perseorangan harus mendapatkan jumlah dukungan itu minimal di enam kecamatan,” bebernya.
(pas/aha)

Ia menyebut, paslon perseorangan harus menyediakan sekitar 64 materai untuk mendapatkan persetujuan dari kelurahan atas dukungan masyarakat. Soal seluruh surat pernyataan, paslon perseorangan bisa mendonlowad di website KPU RI atau datang langsung ke KPU Kota Kendari.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, KPU akan melakukan penelitian jumlah minimal dukungan dan sebaran paslon perseorangan pada 6-15 Agustus 2016. (pas)

To Top