BK DPRD Butur Didesak Jatuhkan Sanksi pada Bobby – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

BK DPRD Butur Didesak Jatuhkan Sanksi pada Bobby

BURANGA, BKK- Badan Kehormatan (BK) DPRD Buton Utara (Butur) didesak segera mengeluarkan keputusan terhadap Herman Yanto alias Bobby terkait kasus illegal logging yang menjeratnya.

Desakan tersebut disuarakan oleh Aliansi Pemersatu Pemuda Sulawesi Tenggara (APP Sultra) saat berunjukrasa di halaman Gedung DPRD Butur, Selasa (24/5).
Koordinator lapangan (Korlap) Dasrin mengatakan, Bobby yang merupakan anggota dewan dari Partai Hanura itu telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sultra dalam kasus illegal logging. Penetapan tersangka itu, sudah seharusnya dijadikan rujukan ataupun landasan oleh pihak BK untuk mengambil keputusan.
“Ketika anggota dewan telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan melawan hukum, maka sudah tentu terjadi pelanggaran kode etik,” kata Dasrin.
Jika BK tidak bertindak, publik akan menilai ada kongkalikong antara BK dan Bobby. Hal itu akan memperburuk citra DPRD secara keseluruhan di mata masyarakat.
Sementara itu, Ketua BK DPRD Butur, Muliadin Salenda menegaskan BK sejauh ini baru menyusun aturan tata tertib dan kode etik. Jika sudah selesai, dari situ baru bisa diambil tindakan.
“Selama ini DPRD Butur belum mempunyai tata beracara dan kode etik. Jadi bagaimana untuk memastikan Bobby melanggar, yah tata beracara dan kode etik ini harus disiapkan dulu,” kilahnya.
Dia pun meminta para pengunjukrasa agar bersabar. Sebab aturan tersebut masih sementara diselesaikan.
“Dalam waktu dekat ini sudah akan ditetapkan tata beracara dan kode etik. Ini menjadi payung hukum diinternal dewan dan BK untuk menindak anggota dewan yang diduga melanggar kode etik,” pungkas politisi Partai Demokrat ini.
Pada kesempatan itu juga, Muliadin meminta kepada para pendemo untuk menyampaikan laporan resmi agar bisa dijadikan landasan BK dalam menyidangkan Bobby kelak. (k5/d/aha)

Click to comment
To Top