UMK Target Terima 1.500 Maba – Berita Kota Kendari
Pendidikan

UMK Target Terima 1.500 Maba

Iyamin SPd MSc. (Nirwan/BKK)

Iyamin SPd MSc. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menargetkan akan menerima sebanyak 1.500 calon mahasiswa baru (maba) pada tahun ini.
Wakil Rektor (WR) I UMK Iyamin SPd MSc mengatakan, jalur penerimaan maba di UMK rencananya tahun ini akan dibagi dalam tiga tahap yakni pada gelombang pertama diperuntukan kepada siswa-siswi yang mengikuti ujian susulan atau jalur computer based tes (CBT) dengan target sebanyak 300 orang.
“Tapi sekarang jumlah maba yang mendaftar pada gelombang pertama ini sudah melebihi target, sebab jumlah maba yang mendaftar sudah mencapai 300 lebih orang yang masuk dalam sistem online kami sementara berjalan sampai bulan enam untuk tahap pertama ini,” ungkap Iyamin SPd MSc, Senin (23/5).
Namun, lanjut Iyamin, untuk sekarang ini pihaknya hanya membuka satu jalur. Setelah tahap pertama selesai, tahap kedua akan dilakukan pada Juni sampai Agustus. Setelah itu, akan dilakukan pendaftaran gelombang ketiga yakni sekitar September.
“Total kuota yang kami rencanakan itu awalnya sebanyak 1.500 tapi kelihatannya kalau melihat pergerakan sekarang jika dibandingkan dengan penerimaan yang sebelumnya ini lebih meningkat,” jelasnya.
Dikatakannya, di UMK sekarang sudah membuka pendaftaran kepada maba lewat CBT yang kelulusannya ditentukan oleh passing grade yang harus dipenuhi calon maba. Jadi, yang tes di jalur tersebut belum tentu lulus. Makanya, dari jumlah 300 maba yang mendaftar di jalur ini setelah dirinya lakukan pemeriksaan kurang lebih sebanyak 200 orang yang akan lolos.
“Passing grade yang harus diraih oleh maba adalah 40 dengan tiga jenis tes di antaranya kemampuan umum dan kemampuan bidang yang setiap soal terdiri dari 90 nomor dengan waktu mengerjakannya selama 100 menit,” urainya.
Siswa yang berprestasi di sekolah akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk diterima. Bahkan siswa yang berhasil menjadi juara dalam expo pendidikan khususnya di lomba desain web ini akan dimasukkan jalur bebas tes dan diberikan beasiswa.
“Untuk sementara, waktu UMK belum menambah fakultas, tapi UMK menambah program studi (prodi) yang sementara diusung yakni konsentrasi pendidikan IPA, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan IPS, Vokasional Teknologi Informatik dan Konsentrasi Ilmu Komunikasi,” sebutnya.
Khusus, Vokasional Teknologi Informatik, sudah keluar persertujuannya dari Kementerian. Ia berharap, prodi lain yang sudah diusulkan bisa cepat keluar persetujuannya. (m3/c/pas)

Click to comment
To Top