DPRD Minta Dinas Kebersihan Lakukan Pemangkasan Pohon – Berita Kota Kendari
Beranda

DPRD Minta Dinas Kebersihan Lakukan Pemangkasan Pohon

KENDARI, BKK- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari meminta Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari untuk melakukan pemangkasan pohon rimbun yang berada di tepi jalan.
Hal tersebut merupakan bentuk tindak lanjut atas imbauan Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) Kendari, untuk mecegah terjadinya pohon tumbang, sekaligus gangguan jaringan listrik. Diman pohon rimbun sangat mudah tumbang jika diterpa angin kencang, sebab tekanan udara yang dihasilkan lebih besar.
“Kami akan meminta Dinas Kebersihan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk melakukan pemangkasan pohon, sebab pohon yang terlalu rimbun dapat menjadi masalah,” ujar Wakil Ketua Komisi III La Ode Azhar ditemui di ruangannya, Senin (23/5).
Selain mudah tumbang, lanjut dia, masalah lain yang dapat ditimbulkan akibat pohon yang terlalu rimbun yaitu mengganggu jaringan listrik. Sehingga berdampak pada pemadaman dan membahayakan bagi masyarakat yang berada disekitar pohon tersebut.
“Kami berharap Dinas Kebersihan dan BLH Kota Kendari dapat melakukan tugas mereka ini, karena jika dibiarkan akan sangat membahayakan bagi masyarakat yang berada di areal tersebut,” terangnya.
Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamana Kota Kendari, Tin Farida mengatakan, dalam melakukan pemangkasan pohon pihaknya memiliki beberapa kendala diantaranya ketersedian alat yang tidak memadai, dan permohonan bantuan alat tersebut telah disampaikan ke DPRD Kota Kendari.
“Kita sudah meminta pengadaan mobil pemangkas pohon yang bisa mengoptimalkan kerja kita dilapangan. Sambil menunggu alat itu, kita akan kerja dengan menggunakan cara manual yang nantinya berkordinasi dengan pihak BLH,” pungkasnya. (m2/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top