Dekranasda Siapkan Aplikasi Online untuk Pengrajin Sultra – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Dekranasda Siapkan Aplikasi Online untuk Pengrajin Sultra

Beberapa istri Menteri Kabinet Indonesia Hebat memborong kain tenun Sultra di ajang Pameran Dewan Kerajinan Nasional di Smesco, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Beberapa istri Menteri Kabinet Indonesia Hebat memborong kain tenun Sultra di ajang Pameran Dewan Kerajinan Nasional di Smesco, Jakarta, beberapa waktu lalu.

KENDARI, BKK– Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sultra akan mendorong para pengrajin di Sultra agar menggunakan aplikasi online dalam memasarkan produknya. Aplikasi tersebut sudah siap dan tinggal diaplikasikan oleh para pengrajin.

Humas Dekranasda Sultra yang juga Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Biro Humas Pemprov Sultra, Wa Ode Siti Heriyani mengatakan, aplikasi tersebut diperkenalkan oleh Dekranas Pusat di sebuah workshop di Jakarta, pekan lalu. Aplikasi ini memang dikhususkan bagi kerajinan daerah.
“Aplikasi ini sangat memudahkan pengrajin Sultra dalam promosi dan pemasaran produknya karena sudah bisa diinstal di ponsel berbasis Android,” katanya.
Melalui aplikasi itu, para pengrajin dapat memuat foto-foto produknya. Dia pun menjamin aplikasi ini dapat diakses secara luas oleh calon pembeli, baik dalam negeri maupun mancanegara.
Tak sampai di situ, Dekranasda Sultra juga akan intens mengadakan pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan kualiatas dan kuantitas produk kerajinan dari Sultra. Pihaknya juga akan ikut memantau kemajuan dari pemasaran produk melalui aplikasi online tersebut.
Perempuan yang akrab disapa Fanny juga menceritakan pengalaman Dekranasda Sultra saat workshop. Menurutnya, stan Dekranasda Sultra menjadi salah satu pusat perhatian karena produk kerajinannya, terutama kerajinan logam mulia, baik emas maupun perak, hingga batik khas Muna.
Bahkan, Sultra mendapat penghargaan untuk karya unggulan terbaik kategori logam dalam Dekranas Award 2016, atas desain bros saat pembukaan Rakernas serta pameran Dekranas se Indonesia di Gedung Smesco Jakarta, 17 Mei lalu.
“Penghargaan diberikan langsung Ibu Presiden RI Iriana Jokowi kepada Ketua Dekranasda Provinsi Sultra Tina Nur Alam untuk kerajinan logam, perak dan emas Sultra. Kita juga pernah mendapatkan penghargaan dari Unesco,” kata Fanny.
Pada pameran tersebut, Iriana Jokowi dan Mufida Kalla serta beberapa pejabat ikut berbelanja di stand Sultra karena mengagumi kerajinan logam dan perak serta kain tenun Sultra. Dalam pameran, ratusan lembar produk kain tenun laris terjual dengan harga di atas Rp 200-600 ribu. Kerajinan perak juga laris terjual dari harga Rp 200 ribu hingga Rp 2,9 juta. Sekadar diketahui, produksi perak dan logam dibuat di Bengkel Dekranasda Provinsi Sultra.
Menurutnya, keberhasilan dan prestasi yang diukir Dekranasda Sultra dalam pameran tersebut tidak lepas dari arahan Tina Nur Alam yang kini menjabat sebagai Anggota DPR-RI. Di masa kepemimpinannya, kerajinan Sultra banyak mengalami kemajuan dan lebih dikenal hingga ke mancanegara.
Dekranasda membina kerajinan baik tenunan, anyaman, ataupun yang lainnya sesuai dengan unggulan dan potensi masing-masing daerah di Sultra. “Tenunan Wa Opa dari Muna yang juga binaan Dekranasda Provinsi Sultra paling digemari dan sudah dibawa pameran serta fashion hingga ke mancanegara, motif paling laris adalah tenunan pewarna alam,” tandasnya. (p6/b/aha)

Click to comment
To Top