APBD Mubar Berkurang tapi Proyek Bertambah – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

APBD Mubar Berkurang tapi Proyek Bertambah

LAWORO, BKK – Anggaran daerah Kabupaten Muna Barat untuk belanja pembangunan tahun ini bertambah sekira 20 persen. Kebalikan dari itu, anggaran rutin satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tertekan turun.

“Pembangunan tidak boleh ter-rem,” ujar Kepala Dinas Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (DPKAD) Mubar Zakaruddin SE MSi.

Kenaikan belanja pembangunan, jelas dia, dimungkinkan oleh sejumlah kebijakan pusat untuk daerah.

“Pembangunan dibanding tahun lalu, lebih besar tahun ini. Hanya pelaksanaan yang telat. Berefek pada semua pihak. Lima bulan ekonomi tidak berputar,” terang Om Jek, sapaan akrabnya.

Diketahui, APBD telat karena tarik menarik pembahasan antara eksekutif dan legislatif yang berbuntut tidak kunjung ditetapkannya menjadi peraturan daerah (perda).

Telah memaksa Gubernur Nur Alam membatalkan Peraturan Daerah (Perda) APBD 2016 dan kembali ke pagu tahun lalu yang APBD-nya disusun melalui peraturan kepala daerah (perkada).

Kembali ke Zakaruddin, dia menegaskan, meski dengan adanya perkada menyebabkan budget tidak sebanding dengan besarnya rencana, pihaknya tidak membatalkan agenda pembangunan infrastruktur yang sudah ditetapkan.

“Proyek tidak dikurangi, hanya volumenya yang diturunkan. Misalnya, kita rencana bangun jalan 3 kilometer (km), tapi karena perkada maka tinggal 2 km. Seandainya kedua lembaga (dewan dan eksekutif)  sepaham, tidak ada yang kurang,” paparnya. (iis/jie)

To Top