Unsultra Wisuda 313 Mahasiswa – Berita Kota Kendari
Beranda

Unsultra Wisuda 313 Mahasiswa

Suasana pelaksanaan wisuda sarjana XXI Unsultra di Hotel Grand Calrion Kendari. (Nirwan/BKK)

Suasana pelaksanaan wisuda sarjana XXI Unsultra di Hotel Grand Calrion Kendari. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) 313 mahasiswanya, Sabtu (21/05). Hadir dalam wisuda ini Gubernur Sultra Nur Alam. Orang nomor satu lingkup Pemprov Sultra ini datang untuk memberikan hadiah kepada wisudawan terbaik yang dilangsungkan di Grand Clarion Hotel Kendari, Sabtu (21/5).

Rektor Unsultra, Prof Dr Ir Andi Bahrun MSc Agric PhD mengatakan, 313 mahasiswa yang diwisuda meliputi Fakultas Teknik 61 orang, Fakultas Pertanian 12 orang, Fakuktas Hukum 88 orang, Fakuktas Sosial Politik (Sospol) 109 orang, Fakultas Ekonomi (Fekon) sebanyak 43 orang.
Wisudawan terbaik di Fakuktas Teknik program studi (Prodi) Teknik Sipil atas nama Irham Muliadi ST dengan IPK 3,41 anak dari Hifasah dan Nur Aini. Fakultas Pertanian atas nama Sawal SP dengan IPK 3,67 anak Dr H Abdulmanaf dan Hj Ndili, Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum atas nama Nisna Ariani SH dengan IPK 3,88 anak dari Ir Gustiriadi dan Hamwana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prodi Ilmu Pemerintahan atas nama Tarlin SIP dengan IPK 3,61 anak dari La Tomu dan Tinandina, FEKON Prodi Manajemen atas nama La Mura SM dengan IPK 3,9 anak dari La Natira (alm) dan Wa Fia (alm).
Andi Bahrun mengaku bahagia melihat kebersamaan para wisudawan dengan kedua orang tua mereka. Sudah sepatutnya, kata dia, para wisudawan mengucapkan terimah kasih kepada kedua orang tua.
“Insan akademik harus bisa  mencerminkan prilaku santun atas masalah kemasyarakatan dimasyarakat,” paparnya.
Sementara itu, Gubernur Sultra Nur Alam dalam sambutannya mengatakan, suasana wisuda menurutnya hal yang sangat mengharukan dalam segala suasana. Sebab, acara wisuda seperti ini tentu memberikan kegembiraan tersendiri.
“Saya mengisahkan kerinduan saya dan utang saya yang tidak mampu saya bayar kepada ibu saya, tentu dalam kodrat sebagai manusia yang memiliki nasib yang kurang beruntung seperti saya yaitu pada masa kuliah masa-masa sulit ibu saya rela mengutang uang untuk membayar uang kuliah saya tentu didalam jiwa, didalam pikiran, dan didalam cita-citanya ingin melihat saya berhasil menyelesaikan pendidikan,” ujar Gubernur Sultra itu.
Meskipun, kata Nur Alam, dirinya mampu membayarkan ribuan SPP mahasiswa mahasiswi melalui berbagai kebijakan, tapi yang pasti utang SPP yang pernah ibunya usahakan meminjam kepada orang lain tidak akan pernah mampu membayarnya kembali.
“Muda-mudahan diantara para wisudawan yang ada tidak ada yang mengalami cerita seperti saya, tapi kalau ada kejujuran diantara kita semua saya yakin pasti kita memiliki cerita yang mirip tapi tidak banyak yang jujur mau mengungkapkannya,” tuturnya.
Dikatakannya, Unsultra merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada dalam naungan yayasan perguruan tinggi Sultra, suatu yayasan yang dinaungi oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra yang berdiri pada tanggal 13 Agustus 1986.
“Perguruan tinggi ini telah ikut memberikan sumbangsinya kepada daerah dalam pengembangan ilmu pengetahuan diberbagai bidang,” tambahnya. (m3/c/jie)

Click to comment
To Top