Pelaksanakan PW XIII di IAIN Kendari, Banyak Dapat Sanjungan – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Pelaksanakan PW XIII di IAIN Kendari, Banyak Dapat Sanjungan

Direktur Kementrian Pendidikan Tinggi Agama Islam RI, Amsal Bakhtiar Saat Melepas Lambang Peserta PW XIII Bersama Rektor IAIN Kendari, Dr H Nur Alim MPd (belakang). (Nirwan/BKK)

Direktur Kementrian Pendidikan Tinggi Agama Islam RI, Amsal Bakhtiar Saat Melepas Lambang Peserta PW XIII Bersama Rektor IAIN Kendari, Dr H Nur Alim MPd (belakang). (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Hari terakhir pelaksanaan Perkemahan Wirakarya (PW) XIII yang dilaksanakan selama sepekan yakni pada 16-22 Mei di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, terus mendapat sanjungan dari berbagai pihak yang hadir menyaksikan pelaksanaan PW ke-13 ini.
Direktur Kementrian Pendidikan Tinggi Agama Islam Republik Indonesia (RI), Amsal Bakhtiar, mengatakan kegiatan PW ke-13 yang dilaksanakan di IAIN Kendari merupakan salah satu kegiatan yang sangat sukses, karena dilaksanakan di Kota Kendari yang jarang dikunjungi dan tempati event-event nasional.
“Untuk itu saya memberikan apresiasi kepada Kota Kendari khususnya IAIN Kendari yang telah sukses menggelar PW. Menurut saya kegiatan PW yang dilaksanakan di IAIN Kendari ini sangat banyak efeknya tidak hanya untuk solidaritas dan komitmen kebangsaan NKRI kita sangat utamakan,” ungkap Amsal Bakhtiar kepada Harian Berita Kendari (BKK) Minggu (22/5).
Selain itu, ucap Amsal Bakhtiar, untuk daerah sebagi prestasi yang dapat melakukan dan menyelenggarakan kegiatan seperti PW ke-13 yang diikuti perguruan tinggi keagamaan (PTK) se-Indonesia.
“Menurut saya dalam pelaksanaan PW tersebut peserta sangat antusias dan sangat bergembira karena pada prinsipnya pramuka itu 70 persen itu adalah permainan, bagaimana membangun karakter tapi lewat permainan menurut saya ini sama dengan filsafat manusia yang disebut dengan homo ludent (manusia itu makhluk yang bermain),” paparnya.
Dikatakannnya, pengalalaman maupun wawasan yang akan dibawah oleh seluruh peserta pramuka kali ini pertama nasionalisme peserta akan semakin meningkat, selain itu peserta akan merasa bangga menjadi bangsa Indoensia. Dan itu memang juga dirasakannya.
“Sehingga akan timbul dibenak mahasiswa peserta PW bahwa NKRI itu penting,” pungkasnya.
Amsal berharap, kegiatan PW perlu ditingkatkan lagi. Sebab Kota Kendari dalam hal ini IAIN Kendari sudah sukses melaksanakan PW ke-13 ini, maka kepramukaan diperguruan tinggi seharusnya lebih ditingkatkan lagi baik itu program-programnya maupun kegiatannya lebih diintensifkan terutama untuk pembangunan karakter, mentalitas, dan pemimpin masa depan.
“Sementara ini kita belum tetapkan perguruan tinggi mana yang akan menjadi tuan rumah perkemahan selanjutnya, tapi daerah yang sudah siap untuk menjadi tuan rumah PW selanjutnya sementara ini antara lain Pontianak dan Samarinda,” sebutnya.
Amsal mengataka, selama sepekan pelaksanaan PW di IAIN maka semua orang akan mengatakan bahwa IAIN Kendari itu hebat, yang telah mampu menggelar PW dengan sukses.
Bupati Bupati Konawe Utara (Konut), Irawan Laliasa, mengatakan penutupan kegiatan PW ke-13 yang dilakukan IAIN Kendari sangat langkah, sebab semua peserta ataupun Kontingen yang hadir masih dalam keadaan utuh dan solid dan acaranya juga sukses.
“PW yang dilaksanakan di IAIN Kendari menurut saya sangat luar biasa dengan speksifikasi kematangan dari sisi agama yang terdiri dari beberapa agama yang hadir dalam perkemahan tersebut, itu tercermin didalam implementasi kegiatan dipramuka ini. Sebab, dipramuka salah satu yang menjadi skala prioritas pembinaan adalah mental spiritual itu tidak bisa dengan mental spiritual juga tidak bisa terlepas dari syariat-syariat agama keyakinan masing-masing,” katanya.
Masi kata dia, dengan pramuka peserta akan menjadi terimplementasi, akan menjadi langkah strategis dalam pengambilan keputusan. Seorang pramuka dalam kehidupannya itu bisa bermasyarakat.
“Bisa jadi peserta yang mengikuti pramukan ini ada anak pejabat dan banyak orang kaya, tapi dalam pramuka tidak kelihatan siapa yang hebat dan siapa yang kurang. Semuanya kita lihat sama baik cantik maupun ganteng semua sama tidak ada yang membedakan,” tuturnya.
Rektor IAIN Kendari, Dr H Nur Alim MPd, mengatakan semoga dengan kegiatan pramuka PTK tetap menjaga kebersamaan sebagai modal kesatuan dan persatuan bangsa.
“Sehingga dengan modal tersebut PTK se-Indonesia selalu bersatu tanpa melihat suku, etnis juga golongan,” singkatnya.
Nur Alim menambahkan, meskipun PW telah berakhir tapi dirinya berharap pelaksanaan PW di IAIN Kendari bisa menjadi kenangan terindah bagi seluruh peserta maupun kontingen yang hadir, sebab memang PW telah berakhir namun nilai-nilai yang terkandung dalam PW tersebut akan selalu ada dimanapun anda berada. (m3)

To Top