Antisipasi PSU Jilid III, Polres Muna Ajukan Rp 5 M – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Antisipasi PSU Jilid III, Polres Muna Ajukan Rp 5 M

Untuk Pengamanan Pilkada Mubar

RAHA, BKK – Belajar dari pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Muna yang berlanut hingga Pemungutan Suara Ulang (PSU) jilid II, Kepolisian Resor Muna tak mau kecolongan dengan mengusulkan anggaran lebih besar.

Kepala Kepolsian Resor Muna, AKBP Yudith Satriya Hananta SIK, mengajukan anggaran pengamanan Pilkada di Kabupaten Muna Barat sebesar Rp 5 Miliar. Dana ini kata dia termasuk untuk persiapan pengaman Pemilihan Suara Ulang sampai jilid III.

“Kita ajukan anggaran pengaman Pilkada di Muna Barat Rp 5 M. Dana ini sekalian untuk persiapan PSU sampai jilid III. Kita belajar dari pilkada Kabupaten Muna yang diulang hingga jilid II, yang berimbas pada membengkaknya dana pengamanan,” terangmya.

Terkait besarnya anggaran pengamanan Pilkada di Mubar, kata Kapolres Muna, pihaknya meminta bantuan pengawasan dari Polda Sultra, khususnya  Inspektorat Pengawasan Polda Sultra (Ipwasda) dan Bidang Keuangan Polda Sultra (Biktku ) Polda Sultra.

“Kita minta bantuan pengawasan dari Polda Sultra, agar dana pengamanan pilkada di Mubar nanti digunakan tidak melenceng dan seefisien mungkin. Kalau lebih, kita kembalikan ke Pemda Mubar. Uang Rp 5 miliar memang besar, mengingat Kabupaten Muna Barat banyak wilayah kepulauannya,” terang orang nomor satu di jajaran Polres Muna ini.

Disinggumg dana pengamanan PSU jilid II di Kabupaten Muna, perwira berpangkat dengan dua melati di pundak ini, mengatakan, masih mengestimasi jumlah dana pengaman yang diajukan ke Pemkab Muna.

“Dana PSU jilid I senilai Rp 200 juta hingga kini belum dicairkan. Katanya kita mau dikasih panjar Rp 150 juta dulu, tapi belum ada juga hingga kini. Makanya kita masih hitung-hitung berapa anggaran pengamanan PSU jilid II yang akan kita ajukan. Awalnya kita estimasi butuh dana pengamanan lebih Rp 1 M. Tapi karena ada anggaran pengamanan untuk  TNI (Kodim  1416 Muna red), kita hitung kembali berapa dana pengamanan yang kita butuhkan,” pungkas  mantan Dansat Brimob Polda Sultra ini Sabtu (21/5) pada koran ini. (cr1/c/jie)

Click to comment
To Top