STAIN Watampone Kontingen Terbanyak PWN XIII – Berita Kota Kendari
Pendidikan

STAIN Watampone Kontingen Terbanyak PWN XIII

Kema STAIN Watampone. (Nirwan/BKK)

Kema STAIN Watampone. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK –  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone menjadi kontingen terbanyak dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya (PW) XIII yang dihelat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.
Total kontingen STAIN Watampone sebanyak 23 orang dengan rician satu orang pinkon, empat pembina bina pendamping putra atau putri, 18 peserta putra dan putri, serta dua orang Reka putra dan putri.
STAIN Watampone adalah sebuah perguruan tinggi negeri di kawasan Timur Indonesia di bawah naungan Kementrian Agama yang memiliki kewenangan menyelenggarakan pendidikan secara mandiri. Perguruan tinggi ini terletak di kota Watampone Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.
Kirani (Sekertaris) Pramuka Watampone Herianti mengatakan, menjadi salah satu kontingen terbanyak dalam PW XIII merupakan hal yang sangat menarik. Sebab, kapan lagi pihaknya bisa berkumpul di Kendari khususnya di IAIN Kendari dengan beberapa kontingen Nusantara lainnya.
“Sehingga, menurut saya perkemahan ini merupakan program yang sangat menarik yang memang layak untuk digelar secara berkala,” ungkap Herianti saat diwawancarai, Selasa (17/5).
Dikatakannya, untuk Watompone dalam PW XIII akan menampilkan tari empat etnis yakni tari Makassar, Bugis, Tanah Toraja (Tator) dan Mandar.
Menurutnya, sisi positif yang bisa dipetik dari perkemahan ini sangat banyak utamanya tentang Bhineka Tunggal Ika. Sebab, melalui perkemahan ini dirinya menyadari bahwa banyak sekali perbedaan juga warna di Indonesia yang bisa dipelajari khususnya dari berbagai suku sehingga dengan perkemahan ini dirinya bisa mengetahui bagaimana cara mereka berbahasa, adat dan karakter berbagai suku.
“Sejauh ini, kami memang sudah menjalin komunikasi dengan kontingen lain seperti peserta asing dalam pramuka ini, bahkan sudah berbincang-berbincang dengan mereka terkait daerah kita masing-masing,” akunya.
Dengan demikian, tutur dia, ada featbeacknya antara dirinya sebagai orang Bone dengan daerah-daerah lain. (m3/c/pas)

To Top