Bisnis & Ekonomi

Runway Bandara Betoambari Ditambah 700 Meter

BAUBAU, BKK – Bandara Betoambari Kota Baubau kembali memperpanjang landasan pacu. Rencananya akan ditambah sepanjang 700 meter lagi. Saat ini panjang Bandara Betoambari sendiri 1.800 meter.

Kepala Bandara Betoambari Agus Sugeng Widodo mengatakan pengerjaannya sementara berjalan. Penambahan 700 meter itu direncakan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama di tahun, akan dikerjakan sepanjang 200 meter. Tahap kedua pada 2017 mendatang, ditambah  sampai 500 meter.

“Kalau sudah selesai, nantinya (runway) bandara kita panjangnya mencapai 2,5 kilometer,” kata Agus.

Agus menyebut, anggaran yang dipakai untuk penambahan landasan pacu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan total anggaran Rp 120 Milyar untuk dua tahap pengerjaan.

Penambahan fasilitas di Bandara Betoambari penting dilakukan mengingat pengguna transportasi udara di Kota Baubau semakin meningkat tiap tahunnya. Untungnya, inisiatif Pemkot Baubau yang mendatangi langsung Kementerian Perhubungan RI sudah berbuah hasil.

“Pesawat sejenis Boeing yang bisa tampung 100 orang, dipastikan bisa mendarat di Baubau,” katanya yakin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau Muh Salim mengatakan, penambahan fasilitas di Bandara Betoambari juga menjadi fokus pembangunan di Kota Baubau. Selain mengupayakan penambahan fasilitas maupun perluasan bandara, Pemkot Baubau juga sudah meminta salah satu maskapai penerbangan untuk menambah jadwal penerbangan ke Kota Baubau.

“Kota Baubau ini kan persiapan untuk Ibukota nanti, jadi segala keperluan untuk itu sudah harus kita buat dari sekarang. Apalagi transportasi udara juga penting karena menjadi penunjang pelabuhan kita,” katanya. (k2/b/aha)

To Top