Operasi Patuh, Polisi Konsel Jaring 17 Pengendara Bermasalah – Berita Kota Kendari
Aktualita

Operasi Patuh, Polisi Konsel Jaring 17 Pengendara Bermasalah

ANDOOLO, BKK– Tidak kurang 17 kendaraan terjaring dalam Operasi Patuh yang digelar aparat gabungan Polres Konsel, TNI, Dinas Perhubungan Konsel dan instansi terkait, di Kecamatan Pallangga. Paling banyak terjaring adalah pengendara yang tidak membawa atau memiliki SIM.

Kaurbin Ops Lantas Polres Konsel, Ipda Yusran Yoyo S Ip menyebutkan, dalam operasi tersebut, ada 17 pelanggaran yang berhasil dijaring. Masing-masing 10 pengendara tidak memiliki SIM, 6 kendaraan yang tidak memiliki STNK, dan satu motor yang diduga barang bukti Ranmor.

Yusran melanjutkan, operasi patuh tersebut lebih mengutamakan tindakan penyuluhan namun tidak mengesampingkan penindakan jika pengendara terbukti melanggar. “Untuk tindakannya berupa penyuluhan 25%,  pencegahan 25% dan penindakan pelanggaran 50%,” katanya.

Adapun pengendara yang ditilang apabila tidak lengkap surat kendaraan, pelat nomor tidak sesuai, tidak mengenakan helm, melawan arus, bonceng tiga pada kendaraan bermotor dan pelanggaran lainnya.

Kapolres Konsel, AKBP Hendrick Widyana mengatakan, Operasi Patuh akan berlangsung selama dua pekan, dimulai pada 15 sampai 29 Mei. Operasi ini bertujuan meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas, terciptanya situasi Kamseltibcar lantas secara optimal serta menurunnya angka kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, juga diharapkan terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta tersosialisasinya UUD no 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Apabila ditemukan pengendara tidak mempunyai kelengkapan kendaraan berupa surat–surat kendaraan serta melakukan pelanggaran lainnya akan diberi sanksi berupa tindakan langsung yakni tilang di tempat,” katanya. (K8/b/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top