Nelayan Perempuan Lasolo Dilatih Diversifikasi Hasil Laut – Berita Kota Kendari
Aktualita

Nelayan Perempuan Lasolo Dilatih Diversifikasi Hasil Laut

WANGGUDU, BKK – Sebanyak tiga kelompok nelayan asal Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut) menjalani pelatihan diversifikasi pengolahan hasil perikanan laut oleh Dinas Kelautan dan Perikanan

(DKP) setempat. Dari pelatihan ini, nelayan sudah mampu mengolah berbagai produk berbahan dasar ikan agar nilai jual produknya bisa lebih tinggi.

Kepala DKP Konut, Joni Fajar menjelaskan, sasaran pelatihan adalah ibu rumah tangga yang suaminya berprofesi sebagai nelayan. Di hadapan para peserta yang berjumlah 30 orang, aparat dari kementerian kelautan dan perikanan serta pemerintah setempat mendemonstrasikan cara pembuatan beberapa produk yang berbahan dasar ikan dari beberapa jenis yakni tuna, tenggiring dan cakalang. Dari tiga jenis ikan tersebut, para istri nelayan ini diajarkan cara pembuatan abon ikan,
keripik ikan, nagate ikan, stik fish hingga kerupuk ikan.

“Pembuatan produk-produk itu menggunakan ikan ukuran besar. Tidak hanya abon saja yang dibuat tetapi produk stik fish hingga kerupuk ikan juga menjadi alternatif,” tutur Joni, Selasa (17/5).

Pelatihan tersebut hanya menggunakan peralatan manual  dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar
yang kuat kepada para peserta pelatihan. Namun ke depannya, jika materi pelatihan telah dikuasai oleh peserta, tidak menutup kemungkinan akan didatangkan peralatan moderen guna memenuhi pangsa pasar.

“Selama ini keberadaan ibu-ibu nelayan hanya menggantungkan penghasilan dari hasil laut suami. Kita berupaya bagaimana para istri nelayan tidak vakum di rumah. Tapi memberikan kesibukan pada mereka
dengan memberikan pelatihan pengolahan ikan yang nantinya bisa memberikan penghasilan tambahan jika produk yang dihasilkan laku di pasaran,” ujarnya.

Pelatihan tata cara pengelolaan hasil tangkapan para nelayan pun akan terus dilakukan kepada seluruh kelompok nelayan. Untuk kali ini, istri nelayan yang dilatih berasal dari Desa Muara Tinobu. (K7/c/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top