Bulog Siapkan Stok Sembako Murah – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Bulog Siapkan Stok Sembako Murah

LD Amijaya Kamaluddin

LD Amijaya Kamaluddin

KENDARI, BKK – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) menyiapkan stok sembako (sembilan bahan pokok) murah sebagai penetrasi harga bahan pokok yang diperkirakan merangkak naik menjelang masuknya Ramadhan.

Bulog memiliki stok yang cukup menghadapi bulan puasa hingga lebaran sebanyak 6 ribu – 7 ribu ton beras. Bahkan saat ini sementara melakukan pengadaan untuk menambah stok dari beras lokal Konawe dan Mekongga, yang sampai hari ini telah mencapau sebanyak 600 ton beras.

“Strategi menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok yang cukup signifikan ini, kita akan berkordinasi dengan dinas perindag (perindustrian dan perdagangan) untuk kesiapan melakukan operasi pasar dan bazar murah untuk melakukam penetrasi harga kebutuhan pokok yang merangkak naik,” kata Kadivre Bulog Sultra, La Ode Amijaya Kamaluddin saat ditemui di ruangannya, Selasa (18/5).

Adapun komoditas yang disiapkan dalam pasar murah seperti gula dan minyak goreng. “Kami sudah siapkan stok yang cukup untuk bazar murah, namun tidak dapat kami sebutkan angka riilnya untuk menghindari pedagang yang memanfaatkan peluang bisnis untuk memainkan harga,” katanya.

Untuk ketahanan pangan, Bulog menghitung stok masih cukup sampai tiga bulan. Ditambah lagi, pengadaan baru dimulai di mana selama satu minggu ini sebanyak 700 ton gula akan masuk. Bulog juga menanti masuknya stok bawang dari Makassar.

“Kami juga sedang berupaya mencari daerah-daerah yang memiliki sentra produksi agar dapat bersinergi dengan bulog dalam mengatasi kenaikan harga bawang dan cabe,” katanya.

Bulog juga akan melakukan diskusi dengan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) tentang situasi harga di pasar-pasar daerah sehingga penetrasi pasar yang dilakukan di Kendari, juga bisa dilakukan di daerah-daerah. (P6/c/aha)

Click to comment
To Top