BKD Konsel Selidiki PNS Siluman – Berita Kota Kendari
Aktualita

BKD Konsel Selidiki PNS Siluman

ANDOOLO, BKK– PNS bodong atau siluman mulai bermunculan di daerah. Di Konsel, oknum guru PNS berinisial ML diduga telah menerima gaji padahal bukan PNS.

Namun kebenaran informasi ini masih diselidiki oleh Badan Kepegawaian Daerah setempat. Penyelidikan tersebut diperintahkan oleh Wakil Bupati Konsel, Dr H Arsalim Arifin SE M Si.

“Kalau memang benat dia itu PNS bodong, maka kita sudah kecolongan. Ini juga mengindikasikan bahwa ada permainan di BKD,” katanya kepada wartawan, Selasa (17/5).

wabup ingin agar hasil penyelidikan tersebut mengungkapkan siapa yang memberikan rekomendasi mengajar maupun yang memberikan gaji terhadap ML.
“BKD harus cek data base PNS kita kemudian dicek lagi di BKN. Kalau ada yang kita temukan dari hasil penyelidikan ini, maka kita akan serahkan ke penegak hukum. Karena ini sudah merugikan negara. Dan harus ditelusuri mulai kapan dia terima gaji, setelah itu dia harus mengembalikan,” tegasnya.

Selain BKD, Arsalim akan panggil dinas pendidikan dan kebudayaan (PK) untuk meminta klarifikasi. Dia ingin mengetahui apa dasarnya memberikan rekomendasi tugas dan gaji.

“Persoalan ini bukan hanya yang bersangkutan tapi bisa saja menyeret orang-orang tertentu yang meloloskan PNS siluman itu. Kita akan periksa siapa-siapa  yang terlibat dan akan diberikan sanksi sesuai aturan kepegawaian.  Karena seandainya dia lolos murni, jelas ada SK-nya dan BKN tidak akan pertanyakan,” jelasnya

Untuk sementara ini, pihaknya masih menunggu hasil dari BKD dan hearing DPRD, dan setelah itu akan dilaporkan ke penegak hukum yang berwenang.

“Yang jelas kami tidak mentoleransi jika terbukti oknum tersebut. Kita akan seriusi ini kasus sampai tuntas,” ucapnya (K8/c/aha)

Click to comment
To Top