Curi Eloktronik SMA Hasrati, Pelaku Dibekuk Penjaga Sekolah – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Curi Eloktronik SMA Hasrati, Pelaku Dibekuk Penjaga Sekolah

Residivis pencuri yang diamankan di Polsek Kemaraya. (FOTO:RUDY/BKK)

Residivis pencuri yang diamankan di Polsek Kemaraya. (FOTO:RUDY/BKK)

KENDARI, BKK – Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Kemaraya mengamankan salah seorang residivis pencuri barang elektronik spesialis siang hari bernama La Ante (23) warga Kelurahan Kendari Cadi Kota Kendari.
Ante tertangkap tangan oleh penjaga sekolah bernama Sabri, saat hendak mencuri sejumlah alat Laboratorium Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Hasrati, Jumat (13/5) sekitar pukul 13.30 Wita.
Sabri mengurai, kejadian itu bermula dari salah seorang siswa benama Muhdin yang melihat gerak gerik-gerik seseorang mencurigakan berada dalam lingkungan sekolah. Sehingga, Muhdin melaporkan hal itu kepada dirinya.
Ternyata benar, Sabri tiba-tiba melihat pelaku keluar lewat jendela laboratorium sekolah yang beralamat di Jalan Bunga Kemuning Kelurahan Watuwatu Kecamatan Kendari Barat, ini dengan membawa karung yang berisikan sejumlah alat elektronik, namun nahas menimpa Ante. Ia langsung digrebek saat hendak membawa kabur barang curiannya.
“Setelah saya dapat laporan dari siswa (Muhdin, red), saya langsung datang di laboratorium. Saya dia (pelaku, red) mau keluar dari jendela laboatorium sekolah dengan membawa karung, langsung saya datangi. Saya lihat isi karunya ada alat-alat laboratorium sekolah,” terang Sabri, saat ditemui di Mapolsek Kemaraya, Senin (16/5).
Selanjutnya, Sabri menyampaikan insiden tersebut ke Kepala Sekolah Hasrati, La Milu. Menyusul hal itu, Milu datang di tempat kejadian perkara (TKP) dan langsung menghubungi aparat kepolisian untuk mengamankan pelaku.
“Setelah saya tahu ada pencurian itu, saya langsung melaporkan kepada yang berwajib untuk diproses secara hukum,” tandas Milu, saat dihubungi melalui telepon selulernya.
Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kemaraya Inspektur Satu (Iptu) Jimmy Fernando SIK, membenarkannnya.
“Setelah adanya laporan, anggota saya langsung menuju ke TKP dan saat ini pencurinya kami amankan di sel tahanan untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Jimmy.
Selain mengamnkan pelaku, beber dia, pihaknya juga mengamnakan beberapa barang bukti. Di antaranya sembilan buah alat mikroskop, dua buah tabung plastik, dua buah piring kaca, satu buah stafol, dan satu gelas ukuran kaca.
Jimmy menyebut, tersangka Ante merupakan residivis dengan kasus yang sama yang telah divonis selama lima bulan penjara.
Lebih lanjut dia mengatakan, Ante dijerat Pasal 362 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan kekerasan subsidair Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman pidana tujuh tahun penjara. (p5-p4/b/kas)

Click to comment
To Top