Perpustakan Tingkatkan Minat Baca Anak – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Perpustakan Tingkatkan Minat Baca Anak

Mengisi jam istrahat, para murid SD Negeri 1 Pitulua asyik membaca di ruang perpustakaan sekolah. (FOTO: MANSIRAL USMAN/BKK)

Mengisi jam istrahat, para murid SD Negeri 1 Pitulua asyik membaca di ruang perpustakaan sekolah. (FOTO: MANSIRAL USMAN/BKK)

LASUSUA, BKK – Lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Kolaka Utara (Kolut), yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Perpustakaan Daerah dan PDE, Selasa (10/5), memberikan suntikan motifasi bagi siswa SD untuk membudayakan gemar membaca.

Lomba yang dihadiri Bupati Kolaka Utara (Kolut), Rusda Mahmud menjadi ajang cerita motifasi bagi siswa yang masih lugu ini. Pasca terlaksananya kegiatan lomba bercerita tingkat anak SD sederajat, membuat minat baca meningkat drastis, kondisi ini terlihat jelas di SD Negeri 1 Pitulua Kecamatan Lasusua.

Saat dikunjungi Rabu (11/5), puluhan murid di SD yang terletak di pesisir pantai itu, tampak antusias membaca berbagai jenis buku yang tersedia di perpustakaan sekolah, mulai dari buku cerita, buku olahraga, hingga buku yang berisikan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Salah seorang murid yang ditemui, Airin (10), mengungkapkan, dia teman-teman sekelasnya kini cenderung lebih senang mengisi waktu dengan membaca ketimbang bermain.

“Setiap jam istrahat saya dan teman-teman selalu menyempatkan ke perpustakaan untuk membaca pak, waktu bermain sudah agak dikurangi,” ujar sulung tiga bersaudara ini.

Dengan lugunya, Airin menyampaikan terimakasih pada bupati yang telah membangunkan sekolah dan perpustakaannya sehingga terlihat rapi dan indah.

“Iya pak, bupati itu Rusda Mahmud kemarin dia juga ikut lomba bercerita dan bupati itu baik dia bangunkan kita sekolah bagus, banyak bukunya” kata Airin.

Hal senada diungkapkan Gibran (11). Siswa kelas 5 yang hobi main gitar ini mengungkapkan, dirinya sangat suka masuk perpustakan dan membaca bersama banyak teman.

“Saya suka pelajaran mate-matika. Saya juga suka main gitar dan membaca dongeng,” kata Gibran yang bercita-cita jadi Polri.

Sementara itu, salah seorang guru SD Negeri 1 Pitulua, Kasdayani, menegaskan, untuk terus menjaga dan meningkatkan minat baca para murid, pihak sekolah akan terus berupaya meningkatkan fasilitas sekolah khususnya pembenahan ruangan perpustakaan serta menambah koleksi buku guna menarik minat anak untuk gemar membaca.

“Kita juga tentu berharap adanya perhatian dari pemerintah setempat, terutama buku, karena terus terang di sini kita masih kekurangan koleksi buku” katanya.

Selain itu, lanjut Kasdayani dirinya dan pihak sekolah berharap agar penambahan ruangan dan diperluas, agar siswa bebas membaca dan bermain.

“Iya, ruanganya agak sempit sehingga kalau lagi mott anak-anak membaca atau masuk perpustakaan. Runganya jadi penuh dan sesak. Seperti saat ini sebagaian siswa harus membaca di luar ruangan” kata Kasdayani. (k2/b/jie)

To Top