PAN Utamakan Kader, Rasak Anggap Wajar – Berita Kota Kendari
Beranda

PAN Utamakan Kader, Rasak Anggap Wajar

20150112Ketua_DPRD_Kota_KdiKENDARI, BKK – Penjaringan bakal calon (balon) wali Kota Kendari yang dilakukan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan mengutamakan hanya bagi para kader dinilai sangat wajar politukus PAN Abdul Rasak SP yang juga merupakan salah satu balon wali Kota Kendari 2017-2022.

Rasak yang ditemui di ruangannya, di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Rabu (11/5) menuturkan, keputusan Dewan Pimpinan  Pusat (DPP) PAN untuk melakukan penjaringan balon wali Kota Kendari hanya untuk kader merupakan keputusan yang harus diikuti dan sangat wajar.
“Kebijakan ini memang cukup berbeda dengan kebijakan seperti partai lain, namun kita sebagai kader tetap harus mengikuti perintah ini, sebab perintah partai itu wajib,” ujarnya.
Ia melanjutkan, salah satu alasan kebijkan tersebut dikarenakan PAN tidak merasa kekurangan kader potensial untuk maju tarung, dimana dari tiga kader yang siap yakni Adriatma Dwi Putra, Abdul Rahman Saleh dan Abdul Rasak masing masing merupakan tokoh yang memiliki elektabiltas tinggi.
“Saya rasa keputusan ini sangat wajar karena kita di PAN itu memiliki kader yang populer dan potensial,” terangnya.
Ia juga menegaskan, tidak terbukanya secara umum proses penjaringan di partai lambang matahari terbit ini tidak menyalahi Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD ART) PAN sebagai landasan hukum partai. Untuk proses seleksinya PAN akan menurunkan tim survei independen yang hasilnya menjadi pertimbangan DPP.
“Kita tidak menyalahi aturan dengan menutup peluang bagi non kader sesuai dengan aturan AD ART partai,” tukasnya.
Sementara itu, menurut salah satu pengamat politik Kota Kendari La Ode Darman SSos MHum ditemui terpisah di rumahnya menjelaskan, jika kondisi PAN dalam penjaringan balon wali kota hanya menerima kader maka dapat dipastikan yang akan diusung adalah balon yang memiliki kedekatan dengan DPP.
“Yang pasti diusung cuman ada dua nama dari tiga kader yakni Rasak dan Adri sebab dari dua kader ini masing-masing memiliki jaringan kedekatan dengan DPP PAN, sedangkan Abdul Rahman Saleh pasti tidak maju,” pungkasnya. (m2/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top