Ombudsman Soroti Sekolah Rayakan Kelulusan di Hotel Berbintang – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Ombudsman Soroti Sekolah Rayakan Kelulusan di Hotel Berbintang

KENDARI, BKK – Ombudsman perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) menyoroti dan menyesalkan ada beberapa sekolah yang di Kota Kendari merayakan kelulusan di hotel berbintang.

Asisten Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sultra Hasidin Samada mengatakan, dirinya melihat dan menyaksikan ada beberapa sekolah menengah atas (SMA) merayakan kelulusan di Hotel mewah dan meminta sumbangan maupun pungutan kepada siswa.
“Hal ini sebenarnya tidak mesti dilakukan pihak sekolah yang merayakan kelulusan siswanya di hotel berbintang. Jujur, hal ini sangat kami sayangkan walaupun itu sebenarnya itu adalah ekspresi euforia mereka melepas dunia abu-abu atau sekolah. Saya rasa semua orang melihat hal ini,” ungkap Hasidin Samada, Rabu (11/5).
Tapi, jika memang orang tua siswa merasa mampu mengeluarkan biaya, Ombudsman tidak bisa komentari. Akan tetapi, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana dengan siswa yang berasal dari sekolah yang tidak mampu yang memang satu tamatan dengan siswa yang mampu. Ini didapatkan di beberapa sekolah.
“Sehingga mau tidak mau orang tua siswa yang kurang mampu ini akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan anaknya, supaya bisa merayakan kelulusan bersama-sama di hotel berbintang,” paparnya.
Ia juga menilai, hal ini sesuatu yang tidak baik untuk mendidik anak-anak dengan cara-cara yang glamour atau hura-hura.
“Saya kira yang terpenting dari kelulusan itu adalah kita bersyukur dan kemudian menyiapkan langkah kita mau kemana,” tuturnya. (m3/c/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top