Kolaka Ditarget Jadi Contoh Manajemen Pemungutan PBB – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Kolaka Ditarget Jadi Contoh Manajemen Pemungutan PBB

Sekda Kolaka Poitu Murtopo bersama camat Kolaka Muh Arnan Amry usai melakukan sosialisasi PBB. (Foto: Armin/BKK)

Sekda Kolaka Poitu Murtopo bersama camat Kolaka Muh Arnan Amry usai melakukan sosialisasi PBB. (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA, BKK – Kabupaten Kolaka ditarget tahun 2016 ini menjadi contoh manajemen dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Hal itu disampiakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka, H Poitu Murtopo, saat mensosialisasikan PBB di rumah jabatan camat Kolaka, Rabu (11/05).

Pada kesempatan itu, Poitu mengungkapkan, pihaknya akan mencari model efektif dan efisien serta bernilai inovatif. Salah satu cara yang ditawarkan adalah pembayaran PBB bagi PNS akan di-inklud-kan dalam pembayaran TPP-nya. Cara ini dianggap tidak berat, apalagi PBB merupakan kewajiban warga negara yang dibayar sekali setahun.

“PNS sepatutnya menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, apalagi PBB merupakan kewajiban sebagai warga negara,” ungkapnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum DPRD Sultra ini menjelaskan, nantinya ada sistim punishment bagi masyarakat yang bandel membayar PBB, dengan cara dipasangkan pengumuman di rumah warga yang bandel membayar pajak. Selain itu, bagi masyarakat yang bandel membayar pajak, tidak akan mendapat pelayanan administrasi pemerintahan.

“Jangan hanya tuntut hak, tapi ingat juga kewajiban kita sebagai warga,” tegas Poitu.

Hal sama disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kolaka, Kadar Hanise. Dalam pengawasan pelaksanaan pembyaran PBB tahun 2016, anggota DPRD Kolaka juga akan turut serta dalam mengawasi dan mengevaluasi secara langsung.

Sementara camat Kolaka Muh Arnan Amry menyampaikan, seluruh jajaran kecamatan hingga kelurahan siap menyukseskan kegiatan itu, bahkan jauh hari sebelumnya sudah melakukan persiapan, seperti melakukan koordinasi hingga sosialisasi dalam melakukan berbagai strategi yang efisien dalam pemungutan PBB.

Dalam sosialisasi itu dirangkaikan penyerahan SPPT PBB tahun 2016 kepada camat dan tujuh lurah di Kecamatan Kolaka, untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat melalui duta pajak atau sebelumnya dikenal dengan nama kolektor. (cr3/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top